Tingkatkan Daya Saing Daerah, Bappedalitbang Balangan Gelar FGD

0

BADAN Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Balangan, adakan Fokus Group Discussion (FGD) dengan tema “Wujudkan Daya Saing Daerah Melalui Hilirisasi dan Industrialisasi di Kabupaten Balangan”, di Meeting Room Arraudah Waterpark dan Resto, Paringin, Rabu (1/11/2023).

HADIR dalam kegiatan Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Balangan, Kepala Bappedalitbang Kabupaten Balangan serta narasumber dari Dinas Perindustrian Provinsi Kalimantan Selatan.

Adapun SKPD yang turut terlibat dalam FGD ini yaitu Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan serta Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Balangan.

BACA : Himpun Aspirasi, Bappedalitbang Balangan Gelar Forum Konsultasi Publik RKPD

Diketahui FGD dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan capaian kinerja RPJMD dan penggalian isu strategis penyusunan rancangan awal rencana pembangunan jangka panjang daerah tahun 2025-2045 pada sektor ekonomi dan sumber daya alam.

Disampaikan Kepala Bappedalitbang Kabupaten Balangan, Rakhmadi Yusni, bahwa hal yang menjadi latar belakang adanya FGD ini adalah untuk mengurangi dampak dari ketergantungan terhadap batubara.

“Hari ini kita melaksanakan FGD tujuannya untuk mewujudkan daya saing daerah melalui hilirisasi dan industrialisasi Kabupaten Balangan, dan ini dilatar belakangi salah satunya kita ingin pada saatnya nanti bisa mengurangi dampak ketergantungan pada batubara,” katanya.

Sehingga dengan hilirisasi tersebut produk-produk yang ada di Kabupaten Balangan seperti pertanian antara produk dan penjualan dapat berkesinambungan.

Serta dengan adanya FGD ini diharapkan bisa mengetahui titik-titik permasalahan apa saja yang menjadi cross cutting dari semua program SKPD.(jejakrekam)

Penulis Riza/MC Balangan
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.