Jelang DCT 4 Bacaleg Hengkang ke Partai Demokrat, Ketua NasDem Banjarbaru Siapkan Calon Pengganti

0

USAI KPU Kota Banjarbaru merilis daftar calon sementara (DCS) anggota DPRD Kota Banjarbaru Pemilu 2024 dari 17 parpol, ternyata ada kejutan terjadi di internal Partai Nasional Demokrat (NasDem) pada 18 Agustus 2023.

DISEBUT-sebut sedikitnya 4 bakal calon legislatif (bacaleg) Partai NasDem Banjarbaru justru lompat ke parpol lain jelang penetapan DCT Pemilu 2024.

Informasi terhimpun justru para ‘jagoan’ NasDem yang memilih hengkang itu dari kalangan bacaleg milenial di antaranya Rahmatullah (dapil 4 Landasan Ulin), Noviana Sitorus (dapil Banjarbaru 1), Hj Rustina Linda (dapil Banjarbaru 2/Cempaka), hingga Rusdi Maulana (dapil Banjarbaru 1) memilih hengkang ke Partai Demokrat.

Mundurnya bacaleg NasDem berjamaah ke Partai Demokrat tak dibantah oleh Darmawan Jaya Setiawan. Ketua DPD Partai NasDem Kota Banjarbaru ini mengatakan setelah para calon wakil rakyat ini keluar dari parpolnya, maka praktis harus disiapkan pengganti sebelum penetapan DCT Pemilu 2024.

BACA : Hanya Sampaikan Masalah Baliho, Masa Tanggapan Terhadap Bacaleg Kota Banjarbaru Ditutup

Verifikasi atas pengajuan calon sementara DPRD kabupaten/kota pasca masukan dan tanggapan masyarakat berlangsung pada 21-23 September 2023.

Berikutnya, KPU akan melanjutkan pencermatan rancangan DCT pada 24 September-3 Oktober 2023, hingga penyusunan dan penetapan DCT pada 4 Oktober-3 November 2023. Kemudian diumumkan ke publik untuk DCT pada 4 November 2023.

“Ya memang benar ada yang keluar sebagai bacaleg Partai NasDem untuk DPRD Kota Banjarbaru. Untuk itu kami sudah menyiapkan pengganti agar bacaleg NasDem tidak berkurang dan tetap dengan kuota maksimal,”  papar mantan Wakil Walikota Banjarbaru ini kepada awak media di Banjarbaru, Selasa (19/9/2023).

BACA JUGA : Diperebutkan 17 Parpol Kontestan Pemilu 2024, Harga Kursi Termahal DPRD Kota Banjarbaru Berada Di Dapil Cempaka  

Sebelumnya, Sekretaris DPD Partai NasDem Kota Banjarbaru Takyin Baskoro juga mengakui adanya mundur berjamaah sejumlah bacaleg partainya. Hanya saja, Takyin enggan mengomentari lebih lanjut soal alasan mereka hengkang dari NasDem.

” Posisi yang bersangkutan sudah bukan kader Partai NasDem lagi. Kami merasa tidak perlu lagi mengomentari hal ini. Sebab, hal itu sepenuhnya hak politik mereka,” kata Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD Kota Banjarbaru.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.