DKPP Tanbu Pantau Panen Padi di Gunung Tinggi

0

DINAS Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) melakukan pemantauan terhadap proses panen padi di Kelurahan Gunung Tinggi, Kecamatan Batulicin.

DKPP Tanbu, Hairuddin, bersama Sekretaris DKPP, Lamijan, telah turun langsung ke lokasi panen padi pada hari ini.

Ia mengungkapkan, meski beberapa wilayah di Bumi Bersujud mengalami fenomena El Nino dan kekeringan, para petani di Gunung Tinggi, Kecamatan Batulicin, namun tetap berhasil dalam melakukan panen padi.

BACA JUGA: Bupati Zairullah Kukuhkan Panitia dan Luncurkan MTQN XIX Tahun 2023

“Meski tengah menghadapi tantangan El Nino dan kekeringan, petani di sini masih mampu memanen hasil panen,” ujarnya.

Hasil panen padi yang berhasil dihasilkan mencakup lahan seluas lima hektar. “DKPP Tanbu tetap memperhatikan kekhawatiran terhadap daerah-daerah lain di Tanbu yang berpotensi mengalami gagal panen karena jarak yang jauh dari sumber air,” bebernya.

Sebab itu, DKPP aktif memberikan penyuluhan kepada kelompok tani melalui para penyuluh di lapangan, dengan tujuan untuk membantu mereka memaksimalkan penggunaan sarana dan prasarana yang tersedia, terutama dalam hal pengairan dan pompanisasi.

BACA JUGA: Bupati Zairullah Hadiri HUT ke-61 PWRI

“Hari ini, kami turun ke lapangan untuk memantau penggunaan sarana dan prasarana air serta melihat perkembangan panen di lahan padi sawah petani yang sudah memasuki musim panen kedua,” tambahnya.

DKPP berupaya keras menjaga ketahanan pangan dan pertanian di Kabupaten Tanah Bumbu Tanbu), sehingga masyarakat dapat terus menikmati hasil panen yang cukup.

Selain pimpinan DKPP Tanbu, kegiatan pemantauan panen padi juga diikuti Kepala Dinas DKPP Tanbu, Sekretaris DKPP, Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura, Kabid Penyuluhan Sarana dan Prasarana, serta Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.