Segera Dikukuhkan 21 Guru Besar Baru pada Medio September, ULM Nanti Punya 105 Dosen Bertitel Profesor

0

TARGET mencetak 100 guru besar atau dosen bergelar profesor akan segera terwujud di Universitas Lambung Mangkurat (ULM). Saat ini, kampus perjuangan ini sudah memiliki 84 guru besar.

PARA guru besar ini tersebar di berbagai fakultas seperti di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) telah memiliki 4 guru besar bidang keilmuan manajemen, ekonomi pembangunan, akuntasi dan ekonomi. Kemudian, Fakultas Hukum telah mengantongi 7 guru besar bidang hukum, hukum administrasi, hukum perlindungan konsumen hingga hukum perburuhan.

Berlanjut ke FISIP juga punya 4 guru besar bidang ilmu administrasi, administrasi publik, ilmu pemerintahan dan ilmu komunikasi. Disusul 5 guru besar di Fakultas Kedokteran dengan bidang disiplin ilmu nanobiologi, kesehatan masyarakat, biomedik, pendidikan dokter dan kesehatan anak. Sementara, hanya 1 guru besar dimiliki Fakultas Kedokteran Gigi ULM yakni profesor kesehatan gigi masyarakat Prof Dr drg Rosihan Adhani.

BACA : 5 Guru Besar Baru Siap Dikukuhkan, Rektor ULM Minta Siapkan Naskah Orasi Ilmiah

Terbanyak dimiliki FKIP dengan 22 guru besar dari berbagai disiplin ilmu pendidikan hingga linguistik terapan. Sementara di Fakultas Kehutanan sudah punya 8 guru besar dan 3 guru besar di Fakultas MIPA serta 5 guru besar di Fakultas Perikanan dan Kelautan.

Dari kajian ilmu tanah hingga teknologi industry pertanian, Fakultas Pertanian juga cukup banyak memiliki guru besar. Tercatat  ada 15 tenaga kependidikan telah meraih titel profesor. Terakhir, ada 8 guru besar di Fakultas Teknik ULM dengan berbagai keahlian dari teknik sipil, teknik kimia, teknologi informasi hingga teknik mesin.

Rektor ULM Prof Dr Ahmad Alim Bachri mengakui target mencetak 100 guru besar merupakan ‘warisan’ dari rektor pendahulunya; Prof Sutarto Hadi yang harus diwujudkan di era kepemimpinannya.

BACA JUGA : Target 2023 Miliki 100 Guru Besar, Rektor ULM Ahmad Alim Bachri Dorong Dosen Raih Titel Profesor

“Dengan bertambahnya jumlah guru besar, maka ULM akan semakin mudah untuk mengembangkan program studi, terutama program studi jenjang magister dan doktor,” ucap guru besar FEB ULM ini.

Ahmad Alim Bachri menyebut saat ini ULM telah memiliki 7 program doktor dan puluhan program pascasarjana lainnya. Dengan tambahan guru besar bukan hanya menggerek angka, namun juga dapat memudahkan kampus dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas keilmuan dan program studi di ULM.

BACA JUGA : Target 100 Guru Besar Tak Tercapai di Era Sutarto Hadi, Jadi Tugas Rektor ULM Terpilih

Sementara itu, Ketua Senat ULM Prof Dr H Muhammad Hadin Muhjad mengatakan dengan nantinya direncanakan dikukuhkan pada 12 September 2023, akan ada sebanyak 21 guru besar baru.

“Ya, ada 21 guru besar yang akan segera dikukuhkan pada 21 September 2023 mendatang dalam Rapat Senat ULM. Totalnya nanti mencapai 105 guru besar, termasuk tambahan dari Fakultas Hukum sebanyak 9 orang,” tutur Hadin Muhjad kepada jejakrekam.com, Jumat (25/8/2023).

BACA JUGA : ULM Tambah Empat Guru Besar, Dua Figur Berusia di Bawah 40 Tahun

Kemudian, kata Hadin, ada tambahan satu guru besar dari Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Perikanan, Fakultas MIPA, Fakultas Kedokteran serta FEB. Termasuk, 4 guru besar baru di Fakultas Teknik dan 3 guru besar yang akan dilantik di FKIP ULM.

Apakah para guru besar ini akan menambah deretan anggota Senat ULM, tak hanya diwakili masing-masing dekanat, termasuk guru besar baru yang akan dilantik pada medio September 2023 nanti? Hadin mengatakan tidak otomatis karena harus melihat ketentuan yang berlaku terlebih dulu.

“Saat ini, anggota Senat ULM berjumlah 65, dan belum dibuatkan lagi surat keputusan (SK) baru),” imbuh Hadin.

Ini Daftar Dosen yang Jadi Guru Besar di ULM Segera Dilantik:

(jejakrekam)

Penulis Siti Nurdianti
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.