Sekda Ambo Sakka Buka Workshop Penyelenggaraan Kearsipan Tanbu

0

SEKRETARIS Daerah (Sekda) H Ambo Sakka buka workshop penyelenggaraan kearsipan, Selasa (18/7/2023) di Ruang Rapat Bersujud 1 Kantor Bupati Tanah Bumbu (Tanbu).

KEGIATAN digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanbu dengan peserta dari ormas, organisasi politik, dan BUMD setempat.

Sekda Ambo Sakka, mengatakan, arsip memiliki peran penting dalam menunjang roda organisasi. “Kalau arsip bagus maka roda organisasi itu juga akan bagus,” sebutnya.

BACA JUGA: Monitoring SDSM Diskominfo SP Tanbu Sasar Desa Kerta Buana

Ia menambahkan, jika penanganan arsip penataannya tidak sempurna maka penerus yang mengelola arsip akan mengalami kerumitan dalam pelacakannya.

Misalnya saja partai politik atau organisasi masyarakat yang kantornya pindah-pindah, kalau arsipnya tersusun rapi maka sangat mudah menemukan berkas kalau diperlukan.

Namun jika tidak rapi, sambungnya, ditumpuk dan diikat saat pindah kantor dipastikan kewalahan mencarinya.

BACA JUGA: Masjid Darul Ihsan Diresmikan Sekda Tanbu

Ambo Sakka mengakui, prinsipnya arsip itu harus ditemukan paling lama 5 menit. “Jadi, lewat dari itu maka tidak rapi pengelolaannya,” tambah Ambo Sakka. 

Begitu pula saat pergantian jabatan yang mana dalam pelantikan itu dilakukan serah terima jabatan. “Dengan serah terima jabatan itu berati penyerahan segala tanggung jawab arsip berikutnya,” ucapnya.

BACA JUGA: Pemilihan Duta Wisata Digelar DKKOP Tanbu

Karena yang berganti itu hanya orangnya saja, tetapi arsipnya tidak dibawa.

Sebanyak 63 peserta mengikuti workshop Penyelenggaraan Kearsipan dengan menghadirkan narasumber dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Abdus Mayadi. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.