Baru 2 Parpol Serahkan Berkas Perbaikan Bacaleg, PKS Optimis Memenuhi Syarat

0

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kalsel menerima berkas perbaikan bakal calon legislatif (Bacaleg) DPRD Kalsel dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kalsel, Sabtu (8/7/2023).

KOMISIONER KPU Kalsel Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Nida Guslaili Rahmadina mengatakan sampai hari ini baru 2 partai politik yang menyerahkan berkas perbaikan bacalegnya, yakni Partai Gelora dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

“Berkas PKS yang kami terima, setelah diteliti lengkap. Selanjutnya, kami terima dengan berita berita acara dan selanjutnya pada 10 Juli hingga6 Agustus 2023 kembali berkasnya kami verifikasi,” lanjutnya.

BACA : Berkas Bacalon DPD RI Lengkap, KPU Kalsel Ingatkan Parpol Yang Belum Menyerahkan Berkas Perbaikan

Sedangkan untuk parpol lainnya yang belum menyerahkan berkas perbaikannya kami tunggu sampai 9 Juli 2023 pukul 23.59 Wita.

Sementara itu Ketua DPW PKS Kalsel, H Jaf’ar mengatakan, pihaknya mengajukan berkas Bacaleg pada 8 Mei 2023 kemarin sesuai dengan Nomor Urut PKS dan hari ini tidak disangka- sangka kami menyerahkan berkas perbaikan Bacaleg pada 8 Juli 2023. “Semoga membawa berkah dan hasilnya baik,” ujarnya.

Diakui Jaf’ar, memang sebelumnya Bacaleg DPRD Kalsel dari PKS yang kami serahkan pada 8 Mei 2023 sebanyak 55 orang dan dari 55 itu hanya 10 orang yang memenuhi syarat (MS) dan sisanya 45 orang belum memenuhi syarat (BMS).

BACA JUGA :  Hanya Nanik, Habib Hamid Dan Habib Zakaria Yang Memenuhi Syarat, 6 Calon DPD Lainnya Lakukan Perbaikan

“Hari ini Insya Allah sebanyak 45 bacaleg yang kami perbaiki berkasnya itu sudah 100 persen kami perbaiki dan kami serahkan, semoga memenuhi syarat,” ujarnya dengan Jejakrekam.com.

Masih menurut Ja’far, belum memenuhi syarat bacalegnya karena ada kesalahan dalam penulisan nama yang tidak sesuai dengan KTP dan Ijasah serta ada penambahan gelar atau titel haji.

“Dalam perbaikan berkas bacaleg PKS yang kami serahkan tadi ada 5 orang pergeseran nama, sedangkan yang lainnya masih seperti biasa. Kami optimis Bacaleg PKS sebanyak 55 orang memenuhi syarat,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.