110 Peserta Pemagangan Di Barito Utara Dibekali Ilmu Pengetahuan

0

KEPALA Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Kabupaten Barito Utara M Mastur melepas 110 peserta pemagangan dalam negeri di 28 perusahaan, BUMN dan BUMD di daerah setempat, di aula Bappeda Litbang, Selasa (27/6/2023).

MASTUR menjelaskan, Pemagangan merupakan bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan produktivitas pada bidang tenaga kerja Disnakertranskop UKM Barito Utara.

Hal ini untuk   bekerjasama dengan lembaga pelatihan kerja (LPK) dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur yang berpengalaman.

BACA: 60 Peserta Ikuti Pelatihan Perkoperasian Madu Kelulut Dan Penyuluhan

Menurutnya, meningkatnya jumlah pengangguran yang sebagian besar diantaranya adalah tenaga kerja dengan tingkat pendidikan dan ketrampilan yang rendah seolah-olah menjadi momok bagi pemerintah daerah. 

Dikatakan, tiga tahun terakhir ini indonesia di serang pandemi covid-19 yang membuat perekonomian masyarakat melemah diakibatkan PHK dan usaha masyarakat banyak yang gulung tikar. 

Oleh sebab itu, diperlukan perhatian dan kerjasama yang serius dari pemerintah dengan perusahaan daerah maupun swasta.

BACA JUGA: Pelatihan Teknisi Freelance Vsat Membentuk Tenaga Ahli yang Siap Pakai

Hal ini  untuk dapat menyelenggarakan pelatihan kerja untuk membekali, meningkatkan, dan mengembangkan kompetensi kerja guna meningkatkan kemampuan, produktifitas dan kesejahteraan tenaga kerja beserta keluarganya.

Ada banyak keuntungan yang diperoleh ketika mengikuti pemagangan. Diantaranya membangun jiwa yang disiplin, serta meningkatkan keterampilan khusus sesuai dengan yang dibutuhkan oleh dunia usaha dan dunia industri.

Para peserta mendapatkan pengalaman yang sifatnya langsung berupa kompetensi.  Seperti yang dilaksanakan saat ini. “Sesuai dengan yang di butuhkan pihak perusahaan yaitu administrasi perkantoran dan mekanik,” tandas Mastur.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.