Pengurus KORMI Kalsel Dikukuhkan, Paman Birin: Terus Gelorakan Olahraga Tradisional Di Banua

0

GUBERNUR Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin, mengukuhkan pengurus Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kalimantan Selatan masa bakti 2022–2026.

MENARIKNYA, pengukuhan pengurus dilaksanakan saat sahur bersama dan disaksikan oleh Ketua KORMI Nasional Hayono Isman, di Mahligai Pancasila Banjarmasin, Senin (17/4/2023).

Paman Birin mengucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya pengurus yang baru. “Mudah-mudahan, saudara yang dilantik dapat mengemban amanah dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Paman Birin meyakini, KORMI ke depan dapat terus menjadi mitra pemerintah dalam meningkatkan kebugaran masyarakat melalui olahraga rekreasi maupun olahraga tradisional. “Penting bagi saudara-saudara untuk terus membangun koordinasi, sinergi, serta kolaborasi dengan semua pihak, untuk bersama-sama membangun masyarakat banua agar sehat dan berkarakter, yakni melalui olahraga,” katanya.

BACA: Siap Harumkan Nama Banua di Fornas VI Palembang, Kormi Kalsel Boyong 375 Pegiat

Paman Birin meminta kepada KORMI, untuk mengangkat dan memperkenalkan kembali permainan rakyat di kehidupan modern saat ini. Jangan sampai permainan tradisional dimiliki saat ini hanya dimainkan oleh orang-orang tua saja, sehingga anak-anak muda lupa akan kekayaan budaya yang dimiliki.

Paman Birin berharap, KORMI terus memantapkan program kerjanya ke depan agar semakin maju dan berkembang. “Pesan saya kepada orang tua, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan kita semua yang hadir pada kesempatan ini, mari bersama-sama mengenalkan kembali kepada anak-anak kita tentang permainan tradisional ini,” ucapnya.

Mari gelorakan permainan tradisional, yang pada hari ini keberadaannya mungkin semakin terpinggirkan. Sebab, kata Paman Birin, kalau bukan kita yang melestarikan, siapa lagi. kalau tidak sekarang, kapan lagi.

Sementara itu, Ketua KORMI Nasional Hayono Isman mengatakan, pengukuhan ini menjadi pertama di Indonesia karena dilakukan sekaligus sahur bersama di bulan suci Ramadhan. “Insyallah barokah,” sebutnya.

BACA JUGA: Melalui Musprov Luar Biasa, Sahbirin Noor Dipilih Jabat Ketua KORMI Kalsel

Dirinya percaya dibawah kepemimpinan Paman Birin, KORMI Kalsel akan membuat masyarakat lebih bugar.

Disampaikanya, KORMI Kalsel agar dapat mempersiapkan kontingen menuju Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) ke VII pada tahun 2023 mendatang di awa Barat yang akan dilaksanakan pada 2 hingga 9 Juli 2023. “Bapak Gubernur sudah komitmen untuk mengirimkan 500 lebih pegiat olahraga untuk bisa mengikuti Fornas ke 7 di Jawa Barat bulan Juli mendatang,” katanya.

Dalam kepengurusan KORMI Kormi Kalsel itu, Paman Birin didaulat menjadi Ketua KORMI Kalsel.

Pada kepengurusan itu juga terdapat sejumlah tokoh Banua seperti Staf Khusus Gubernur H Achmad Maulana, Komisaris Bank Kalsel Rizal Akbar, Dewan Pengawas RSUD Ulin Banjarmasin Rusbandi, Ketua PWI Kalsel Zainal Hilmie, Kepala Dinas Pemuda dan Olaharaga Hermansyah, Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel Budiono, Advokat Kalsel Yanuaris Frans, hingga Yusni Hardi selaku Direktur PD Bangun Banua.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.