Momen Idul Fitri 144 H, Kapolres Banjar Minta Masyarakat Aktifkan Pos Kamling

0

JELANG mudik Idul Fitri 1444 H, Kapolres Banjar Ingatkan untuk perhatikan keamanan rumah yang akan ditinggalkan dan melaporkan ke petugas keamanan setempat.

HAL itu disampaikan AKBP M Ifan Hariyat usai Gelar Pasukan Operasi Terpusat Ketupat Intan 2023, di halaman Mapolres Banjar, Senin (17/4/2023).

“Rumah yang ditinggalkan harus dalam keadaan aman, jangan sampai nanti terjadi gangguan kamtibmas maupun kriminalitas atau pun kebakaran yang dapat merugikan kita semua,” kata Kapolres Banjar, AKBP M Ifan Hariyat.

BACA : Operasi Ketupat Intan 2023, Polda Kalsel Terjunkan 2.238 Personel Gabungan

Disamping itu, masyarakat bisa memberitahukan kepada petugas keamanan setempat terkait kondisi rumah yang ditinggalkan.

Dengan begitu, petugas dari kepolisian pun bisa membantu memantau rumah masyarakat.

“Melapor kepada petugas keamanan jika menemukan peristiwa di manapun. Dari laporan itu kita akan tindak lanjuti,” ucapnya.

Dirinya juga meminta, kepada masyarakat untuk mengaktifkan Pos Keamanan Lingkungan (Pos Kamling). 

“Mengenai hal ini, kami sudah berkoordinasi bersama Pemerintah Daerah (Pemkab) Banjar. Dan petugas kita juga akan terus melakukan pengawasan berpatroli,” jelasnya.

BACA JUGA : Operasi Ketupat Intan 2023, Polres Banjar Siapkan 160 Personel Gabungan

Dalam Operasi Ketupat 2023 akan dilaksanakan dari 18 April – 2 Mei 2023. Dengan jumlah personel 200 orang terdiri dari 138 anggota Polri dan 72 gabungan personel TNI,  pemerintah daerah serta instansi terkait.

”Kita terutama melakukan pengamanan pada saat masyarakat melakukan ibadah salat Ied di masjid maupun lapangan wilayah Kabupaten Banjar, serta tempat objek wisata dan saat arus balik mudik pasca  lebaran ,” ungkapnya.

Ia menambahkan untuk pos pelayanan disediakan di dua Polsek yaitu Polsek Gambut dan Astambul.

Dimana Polsek Astambul merupakan arus mudik dari daerah hulu sungai serta untuk persiapan pengamanan Haul Datuk Kelampaian.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.