Antisipasi Banjir, Ketua DPRD Kalsel Imbau Masyarakarat Paminggir Jaga Aliran Sungai

0

TINGGINYA curah hujan dalam beberapa pekan terakhir di Kalsel, khususnya Kecamatan Paminggir menjadi perhatian khusus Ketua DPRD Kalsel H. Supian HK. Oleh karena itu, politisi Partai Golkar ini menggelar Sosialisasi Propemperda, Rancangan Perda, Perda & Peraturan Perundang-undangan (Sosper) Nomor 2 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Daerah Aliran Sungai, Minggu (3/4/2023).

SUPIAN HK menyampaikan dalam rangka mengantisipasi bencana seperti banjir, salah satu hal yang terpenting adalah adanya kesadaran warga untuk ikut serta berperan aktif mernormalisasikan aliran air sungai agar tidak terjadi penyumbatan.

“Kita sudah banyak membuat kanal, tapi tidak mampu menyerap air yang begitu banyak. Banjir ini yang bisa menyudahinya adalah kita sendiri.” ujarnya.

BACA : Keluarkan Perda Gerakan Revolusi Hijau, Ketua DPRD Kalsel Supian HK Dukung Dishut Kembalikan Hutan

Lambatnya arus aliran air ke sungai besar saat curah hujan tinggi menurut politisi senior Partai Golkar ini adalah akibat dari pembangunan rumah warga yang asal-asalan, sehingga air menggenang cukup lama di satu daerah.

“Membangun rumah dipinggir sungai harus memperhatikan pondasinya, jangan sampai menutup aliran sungai. Patuhi peraturan yang sudah dibuat oleh pemerintah agar apabila ada bencana, masyarakat semakin optimal dalam menanggulanginya,” harapnya.

BACA JUGA : Ketua DPRD Kalsel Ingatkan Pers Harus Seimbang dalam Pemberitaan

Ditemui diakhir kegiatan, Bripka Faisal Ariyadi, Kanit Harkan Satpolair Polres Paminggir sebagai narasumber dalam kegiatan sosper mengapresiasi kegiatan ketua DPRD Provinsi Kalsel dalam mensosialisasikan perda ini.

“Karena disini masyarakat Paminggir hampir sebagian besar hidup dikelilingi sungai, maka kita sama-sama menjaga serta mematuhi apa yang disampaikan Ketua DPRD tadi, mari kita saling bantu mengingatkan satu sama lain, agar terhindar dari marabahaya banjir,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Humas DPRD Kalsel
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.