Bendungan Kusan Sangat Bermanfaat Bagi Pertanian

0

BENDUNGAN Kusan untuk pengairan di kawasan sektor pertanian Tanah Bumbu, kedepan dipastikan akan berdampak pada peningkatan produksi, dan kini terus dalam berproses pembangunan.

KEPALA Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pemkab Tanah Bumbu H Hairuddin memberikan informasi terkait pembangunan Bendungan Kusan tersebut, pada Jumat (4/11/2022).

“Saat ini diidam-idamkan warga, Bendungan Kusan ini nantinya akan mampu mengairi lahan pertanian dan mengatur masa tanam 2-3 kali dalam setahun, sehingga digadang hasil produksi bisa melampaui target,” katanya.

Kabupaten Tanah Bumbu memiliki lahan pertanian seluas 16.514 hektar, yang terbagi areal pertanian aktif dengan luas 10.362 hektar dan areal pertanian potensi seluas 6.151 hektar.

BACA: Bupati Tanbu Janji Perjuangkan Pembangunan Bendungan Kusan

Perlu diketahui, pembangunan Bendungan Kusan, merupakan gagasan strategis untuk menyelesaikan masalah-masalah bidang pertanian. Hal ini tentu membawa berita gembira bagi para petani, yang mana strategi ini dicanangkan dapat membantu dalam peningkatan produksi hasil pertanian.

Disamping itu , terciptanya Bendungan Kusan, sangat mungkin bisa mengatur masa tanam lebih dari sekali dalam setahun. “Kalau sistem pengairan bagus, tentu masa tanam dapat diatur, dua hingga tiga kali dan produksi hasil pertanian akan jauh meningkat,” katanya.

Untuk mencapai itu semua, doa serta dukungan masyarakat Kalimantan Selatan, khususnya di Tanah Bumbu sangat diharapkan. Agar cita-cita pembangunan tersebut dapat terealisasi.

“Usulan Bendungan Kusan, masih terus kita kawal di Kementrian PUPR dan Balai Wilayah Sungai III Kalimantan melalui Satker Bendungan. Semua persyaratan teknis mulai dari FS, DED, amdal larap sudah kita selesaikan dan kita serahkan ke pusat,” kata Tritendy Rahmatullah selaku Fungsional Tenaga Ahli Sumber Daya Air.(jejakrekam)

Penulis Muaz
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.