Angka Stunting di Balangan Turun, Bupati : Semua Pihak Berkolaborasi  

0

DINAS Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Balangan adakan temu Kader Keluarga Berkualitas (KB) se-Kabupaten Balangan, launching 27 Kampung KB dan launching Bapak dan Ibu Asuh Stunting di Kabupaten Balangan, di Mahligai Mayang Maurai Paringin, Kamis (27/10/2022).

Kegiatan dilanjutkan, jambore Kader KB, yang diisi berbagai perlombaan dan pembagian doorprize.

Hadir dalam kegiatan, Bupati Balangan Abdul Hadi, Perwakilan Kepala BKKBN Prov Kalsel, Ramlan, Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Ahmad Sauki.

Terkait stunting,  dengan adanya penurunan dari 52% ke 32%, Bupati Balangan, Abdul Hadi menyampaikan  ucapan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam upaya ini.

“Kami dengan adanya penurunan stunting dari 52% ke 32%, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kerja besar ini, karena angka stunting 52% ini angka yang cukup memalukan bagi daerah. Akhirnya kita melakukan keroyokan, baik pemerintah daerah, organisasi, maupun perusahaan, yang ada di Kabupaten Balangan untuk bersama-sama berupaya menurunkan angka ini dan alhamdulillah angka stunting Balangan sudah turun, ke posisi 32%,” terangnya.

Disampaikan Abdul Hadi kontribusi penurunan stunting, CSR Adaro mengeluarkan anggaran cukup besar, kemudian Bhayangkari, ada dari Persit, GOW, para SKPD, sesuai tugas dan fungsinya, termasuk kecamatan dan desa.

Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Prov Kalsel, Ramlan menyampaikan terkait stunting di Kalsel, saat ini angkanya 30%.

“Kan kemarin dari 31,75% turun menjadi 30%, nah jadi kami sudah berkordinasi dengan Dinas Kesehatan provinsi, disampaikan Kepala Dinas Kesehatan stunting bisa turun sampai 20% di Kalsel, ini prediksi,” ucapnya.

Disampaikan Ramlan, tentu tetap konvergensi segenap lintas sektor agar bersama-sama menurunkan stunting.

“Jadi pada tahun 2024, sebagaimana amanat presiden harus turun menjadi 14%, kita berupaya walaupun angka stunting kita masih tingkat 6 tertinggi secara nasional,” terangnya.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/10/27/angka-stunting-di-balangan-turun-bupati-semua-pihak-berkolaborasi/
Penulis InfoPublik.id
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.