Ladies Program Ajarkan Praktik Pembuatan Saco dan Tinjau Festival Anggrek Seribu Sungai di Rakerwil Apeksi

0

RANGKAIAN Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Asosiasi Pemerintah Kota (Apesi) Regional V Kalimantan digelar pula praktik pembuatan Saco (Sasirangan Eco Print) pada Ladies Program.

KEGIATAN yang berlangsung di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarmasin, pada Kamis (29/09) tersebut, sungguh membuat kaum hawa (ibu-ibu) tersenyum lebar dan tertawa merekah. Bahkan, ramai pula terdengar bunyi ketukan bertalu-talu.

BACA JUGA: Festival Jukung Hias Tanglong, Ribuan Penonton Padati Siring…

Menjadi daya tarik dalam praktik tersebut, adalah proses pembuatannya, dengan menggunakan dedaunan segar yang dipetik langsung dari pohonnya. Dedaunan tersebut kemudian dicetak pada kain sasirangan, sambil melakukan teknik pounding (mengetuk) hingga muncul motif yang diinginkan.

Ketua DPC Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah, membuka kegiatan tersebut, didampingi Wakil Ketua DPC PAI Kota Banjarmasin, Hj Hardiyanti, dan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Banjarmasin, Rusdiati.

BACA JUGA: Peserta Apeksi Tebar 10 Ribu Ikan Patin dan Kelabau

Adapun rangkaian kegiatan dalam Ladies Program tersebut, diantaranya, praktik pembuatan Saco (Sasirangan Eco Print), bersama wirausahawan muda Kantan Sasirangan, Sandi Agustinus. Mereka melihat bermacam jenis anggrek dalam Festival Anggrek Seribu Sungai. Serta melihat landscape anggrek peserta lomba dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan.

Ketua DPC PAI Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah, berharap, semoga pengalaman ini dapat menjadi inspirasi dan ajang silaturahmi bagi kota-kota peserta Rakerwil Apeksi kali ini.

Hadiri pula, Ketua Dekranasda Kota Bontang, Wakil Ketua Dekranasda Kota Pontianak, dan sejumlah perwakilan dari dinas daerah terkait peserta Rakerwil Apeksi Regional V Kalimantan. (jejakrekam)

Penulis Prokom Banjarmasin
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.