Shalawat Asyghil Menggema, Ratusan Personel Polisi Anti Huru Hara Duduk di Jalan

0

BERAGAM poster berisi kecaman diusung massa pendemo mengatasnamakan Aliansi Muslim Kalsel saat berunjuk rasa di depan kantor Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalsel, Jalan DI Panjaitan, Banjarmasin, Jumat (4/3/2022).

SHALAWAT Asyghil tercantum dalam kitab karya Habib Ahmad bin Umar Alhinduan Ba’Alawy (wafat 1122 Hijriyah) dibaca massa aksi dari depan Masjid Raya Sabilal Muhtadin yang menjadi titik kumpul, usai shalat Jumat.

Shalawat yang dihimpun dalam kitab Alkawakib Almudhi’ah fi Zikris Shalah ‘ala Khairil Bariyyah, merupakan shalawat dan salam atas Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam, keluarga, dan sahabatnya. Tujuannya meminta kepada Allah agar umat Islam diselamatkan dari kejahatan orang-orang yang zalim. 

BACA : Demo Kanwil Kemenag Kalsel, Massa Pendemo Tuntut Menag Yaqut Minta Maaf!

Bacaan shalawat itu adalah : Allahumma sholli ‘ala sayyidina muhammad wa asyghilidz dzolimin bidz dzolimin wa akhrijna min bainihim salimin wa ‘ala alihi wa shohbihi ajma’iin.

Artinya: “Ya Allah, berikanlah shalawat kepada pemimpin kami Nabi Muhammad, dan sibukkanlah orang-orang dzalim dengan orang dzalim lainnya. Selamatkanlah kami dari kejahatan mereka. Dan limpahkanlah shalawat kepada seluruh keluarga dan para sahabat Nabi SAW.

Perwakilan massa pengunjuk rasa dari Aliansi Umat Islam Kalsel saat menyerahkan surat pernyataan kepada Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel HM Tambrin di Banjarmasin. (Foto Iman Satria)

BACA JUGA : Daripada Urusi Azan, Pemuda Muhammadiyah Kalsel Ingatkan Menag Yaqut Jangan Bikin Gaduh

Shalawat ini sering dibaca Imam Ja’far ash-Shadiq, yang hidup di akhir Dinasti Umayyah dan awal era Abbasiyyah yang penuh intrik dan konflik politik. Tak mengherankan, jika di masa kini shalawat yang juga disebut Shalawat Zhalimin, Shalawat Salimin, Shalawat Sibuk, dan penyematan lainnya sering dibacakan umat Islam. Termasuk, dalam aksi demonstrasi kal ini di Banjarmasin.

Untuk mengawal aksi massa Aliansi Umat Islam Kalsel, personel gabungan diterjunkan Polresta Banjarmasin. Bahkan, Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo Martosumitro langsung turun tangan memimpin pasukan pengamanan aksi massa.

BACA JUGA : Tersinggung Ucapan Menag Gus Yaqut, Komunitas Muslim Peduli Ancam Lapor ke Polda Kalsel

Dia memerintahkan agar 450 personel gabungan dari Polda Kalsel, Polresta Banjarmasin, Polres Barito Kuala (Batola) dan polsek terdekat agar lebih humanis terhadap ratusan massa aksi.

Ratusan personel kepolisian lengkap dengan seragam anti hura-hara diminta duduk di aspal Jalan DI Panjaitan, Banjarmasin, Jumat (4/3/2022).

“Saya perintahkan semua personel yang mengamankan aksi unjuk rasa ini agar berlaku humanis terhadap massa,” ucap Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Sabana Atmojo.

BACA JUGA : SE Menag Tuai Pro Kontra, RMI PWNU Kalsel Ajak Masyarakat Tak Terprovokasi

Dirinya mengapresiasi massa aksi yang kebanyakan mengenakan sarung usai shalat Jumat terlihat tertib, bahkan tidak menganggu pengguna jalan lain dari aksi longmarch di bawah mobil komando.

“Yang penting, aspirasi dari massa pengunjuk rasa ini bisa tersampaikan dengan baik di Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel. Makanya, personel kami minta untuk humanis dan duduk di jalan,” tegas perwira menengah Polda Kalsel ini.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.