Sambut Nataru, Kapolda Kalsel Jamin Tak Ada Penyekatan Hanya Pembatasan Minimalis

0

KAPOLDA Kalimantan Selatan Irjen Pol Rikhwanto memimpin rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral untuk pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022 di Aula Rupatama, Polda Kalsel, Rabu (15/12/2021).

RAKOR juga diikuti jajaran Korem 101/Antasari, Pemprov Kalsel dan instansi terkait juga membahas antisipasi penyebaran Covid-19 di Kalsel.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikhwanto memastikan akan menerjukan separuh kekuataan Polda Kalsel mencapai 2.500 personel untuk pengaman Nataru.

“Walau tidak ada penyekatan, namun ada pembatasan-pembatasan minimalis akan diterapkan. Silakan siapa saja mau ke mana, asalkan ikuti aturan yang ada,” kata jenderal bintang dua ini kepada awak media.

Menurut Rikhwanto, penerapan disiplin protokol kesehatan (prokes) tetap jadi hal utama. Untuk itu, jika diharuskan melakukan swab antigen maka akan diberlakukan, begitu pula aplikasi peduli lindungi.

BACA : Larang Pesta Malam Tahun Baru 2022, Kawasan Wisata Siring Tendean Ditutup

“Penggunaan aplikasi peduli lingkungi di tempat keramaian juga akan disiapkan dalam waktu satu minggu ini. Petugas di lapangan harus berani mengatakan kepada setiap warga agar harus scan barkot aplikasi tersebut,” tegas mantan Kapolda Maluku Utara ini.

Rikhwanto mengatakan khusus Banjarmasin sebagai ibukota Kalsel diprediksi akan didatangi banyak orang, apalagi saat liburan. Banjarmasin pun dipastikan akan didatangi warga dari provinsi tetangga saat Nataru.

“Itulah tugas kita, bagaimana mereka supaya aman, tetap sehat, lalu lintas berjalan baik dan supaya tidak ada kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Inilah gunanya kita lakukan rapat kordinasi, setiap stakeholder akan bekerja sesuai dengan pembagian tugas masing-masing,” kata Rikhwanto.

BACA JUGA : Ada Pembatasan Perayaan Tahun Baru, Permintaan Kembang Api dan Mercon Menurun Drastis

Untuk vaksinasi, sesuai target pemerintah pusat  yakni 70 persen, Polda Kalsel terus melakukan vaksinasi melalui gerai vaksinasi presisi. Ini agar grafik persentase vaksin naik terus di Kalsel.

“Walaupun kita disibukkan dengan pengamanan Nataru tapi gerai vaksin tetap dilaksanakan. Bahkan, nanti di tempat-tempat keramaian kita akan buka gerai vaksin. Kita genjot terus untuk pencapaian 70 persen di akhir tahun ini,” cetusnya.

BACA JUGA : Gencar Jemput Bola, Capaian Vaksinasi di Banjarbaru Tembus Angka 70,14 Persen

Senada itu, Danrem 101 Antasari, Brigjen TNI Firmansyah mengatakan berkaitan dengan Nataru  personel TNI siap membantu pemerintah daerah dan kepolisian,

“Kami terlibat langsung dalam pengamanan bersama Polda Kalsel. Kami juga siagakan di masing-masing tempat. Untuk jumlah personel, disesuaikan dengan permintaan Polda Kalsel,” paparnya.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.