Dewan Pers: Perkuat Basis Pembaca Media Online

0

KETUA KOMISI Penelitian, Pendataan dan Ratifikasi Pers Dewan Pers Ahmad Djauhar menekankan untuk memperkuat basis pembaca media online. “Kalau media online memiliki basis pembaca yang banyak, maka dapat dijual ke pengiklan atau pemilik produk dan jasa,” ujar Ahmad Djauhar kepada wartawan usai melakukan Verifikasi Faktual (VerFak) Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kalimantan Selatan, di Banjarmasin, Sabtu (2/10/2021).

IA BERHARAP media massa berbasis siber (online) dapat memposisikan diri sesuai fungsi pers. “Ya walau media banyak bekerjasama dengan pemerintah daerah atau lembaga lainnya, namun seharunya media jangan bergantung kepada pemerintah daerah, tapi media harus mandiri,” tandas wartawan senior Bisnis Indonesia ini.

Fungsi pers yang dimaksud, sebut Ahmad Djauhar, kesatu adalah menyebarkan informasi terverifikasi. Kedua yakni mengedukasi masyarakat kemudian memberikan hiburan kepada masyarakat seperti menyediakan bacaan ringan. Lalu memberikan kritik sosial atau sosial kontrol termasuk berani mengkritisi kebijakan pemerintah yang tidak tepat. Serta sebagai hiburan bagi masyarakat.

Teks. Dewan Pers bersama JMSI Kalsel usai Verifikasi Faktual Media Online di Kalsel. (Foto: Istimewa/Afdi)

BACA: Beri Masukan, Tim Verifikasi Faktual Dewan Pers Kunjungi Kantor Redaksi Jejakrekam.com

JMSI mengajukan 15 media siber (online) untuk dilakukan verfak adalah jejakrekam.com, apahabar.com, kalselpos.com, metro7.co.id, klikkalsel.com, wartaniaga.com, metrokalimantan.com, suaraborneo.com, suaraborneo.com, mediaprospek.com, riliskalimantan.com, borneotrend.com, kanalkalimantan.com, teras7.com, dan kalimantanlive.com.

Sekretaris Jenderal JMSI Pusat Mahmud Marhaba mengatakan, Pengda JMSI Kalsel merupakan daerah ke-11 yang dilakukan verfak oleh Dewan Pers. “Ini merupakan daerah ke 11 yang dilakukan verfak oleh Dewan Pers di tanah air,” imbuh Mahmud usai Verfak JMSI Kalsel.

Ketua JMSI Kalsel, Milhan Rusli didampingi Sekretaris JMSI Kalsel, SA Lingga menerima kehadiran Dewan Pers yang lebih dahulu melakukan verifikasi perusahan pers media anggota JMSI selama dua hari di Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru serta satu media dari Kabupaten Tabalong.

BACA JUGA: jejakrekam.com Sambut Baik Verifikasi Dewan Pers

“Kami sangat berterima kasih atas kehadiran Dewan Pers di tempat kami. Ini merupakan penghargaan dan kepercayaan yang besar bagi JMSI Kalsel ditunjuk sebagai daerah yang di verifikasi,” ungkap Milhan Rusli didampingi SA Lingga. (jejakrekam)

Penulis afdi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.