Beri Masukan, Tim Verifikasi Faktual Dewan Pers Kunjungi Kantor Redaksi Jejakrekam.com

0

TIM verifikasi Dewan Pers dipimpin Ahmad Jauhar bersama stafnya, Sri Lestari didampingi Sekjen Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Mahmud Marhaba dan Ketua JMSI Kalsel Milhan Rusli menyambangi kantor media online, jejakrekam.com, Jumat (1/10/2021) pagi.

KEDATANGAN tim di kantor redaksi jejakrekam.com, Jalan Bengkirai Nomor 117 RT 13 RW 02, Komplek Banjar Indah Permai, Pemurus Dalam, Banjarmasin merupakan proses lanjutan verifikasi faktual (verfak). Ini setelah, media siber jejakrekam.com dinyatakan telah lulus verifikasi administrasi di Dewan Pers, beberapa bulan lalu.

Kedatangan tim Dewan Pers disambut Pemimpin Redaksi (Pimred) jejakrekam.com, Didi Gunawan Sanusi didampingi Pemimpin Perusahaan, Darul Huda Mustaqim dan Pemimpin Umum Afdianoor Rahmanata. Dalam kesempatan itu, diserahkan seluruh berkas atau dokumen yang diminta Dewan Pers untuk keperluan verifikasi faktual.

“Verifikasi faktual ini sangat penting untuk mengecek dan memeriksa kebenaran semua dokumen yang diajukan PT Jejak Rekam Bhanuwa selaku penerbit media online jejakrekam.com,” ucap Jauhar.

Tim Verifikasi Faktual Dewan Pers didampingi Sekjen JSMI Mahmud Marhaba dan Ketua JSMSI Kalsel Milhan Rusli saat di kantor redaksi jejakrekam.com, Jumat (1/10/2021).

Ketua Komisi Penelitian Pendataan dan Ratifikasi Pers Dewan Pers ini mengatakan dirinya datang ke kantor jejakrekam.com guna mengecek kebenaran data yang telah diserahkan ke Dewan Pers. “Jadi, dari hasil verifikasi faktual ini, kami akan mengambil keputusan (sertifikasi media),” kata anggota Dewan Pers ini.

BACA : jejakrekam.com Sambut Baik Verifikasi Dewan Pers

Saat berbincang dengan Pimred jejakrekam.com Didi Gunawan Sanusi, ada beberapa masukan yang diberikan Jauhar. Ia menyebut verifikasi faktual  menunjukkan bahwa baik administrasi maupun data dan fakta yang diajukan sebuah media harus memenuhi semua persyaratan Undang-Undang Pers  Nomor 40 Tahun 1999 maupun Peraturan Dewan Pers.

Sementara itu, Pimred jejakrekam.com, Didi G Sanusi memuji kinerja Dewan Pers yang aktif dalam mendata serta memberi edukasi mengenai tata kelola administrasi dan pemberitaan sebuah media.

“Sangat penting bagi sebuah media massa untuk mendapat predikat terverifikasi dari Dewan Pers. Ini bisa menjadi bukti dalam menjaga kepercayaan publik atas konten berita yang diproduksi sesuai kaidah-kaidah jurnalistik,” ucap Koordinator AJI Balikpapan Biro Banjarmasin ini.

BACA JUGA : AJI Balikpapan Biro Banjarmasin Resmi Dideklarasikan, Kasus Kekerasan Pers di Kalsel Jadi Atensi

Didi mengucapkan terima kasih kepada tim verifikasi Dewan Pers atas kunjungannya ke kantor media yang diasuhnya. Bagi Didi, banyak masukan yang baik dari Dewan Pers dalam mengelola sebuah media.

“Ini tentu menjadi penyemangat seluruh staf dan redaksi jejakrekam.com untuk bekerja lebih professional. Apalagi, jejakrekam.com sebentar lagi akan berusia lima tahun pada 7 Januari 2022 mendatang,” imbuh Didi.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.