Anggaran Pengamanan Atlet Kalsel di PON Papua Rp 600 Juta

0

DEMI suksesnya pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua Tahun 2021, pengamanan tak semata hanya dilakukan oleh jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Papua dan TNI. Tapi juga di back up masing-masing Polda se-Indonesia.

SALAH satunya kontingen PON asal Kalimantan Selatan (Kalsel), yang akan berlaga di PON Papua pada 2-15 Oktober 2021 nanti juga dikawal personil Polda Kalsel.

Pada ajang laga nasional di Papua nanti, Kontingen Kalsel mengirim sebanyak 25 cabang olahraga (cabor) dengan 111 atlet dan 56 pelatih.

Untuk pengamanan kontingen Kalsel selama mengikuti pertandingan di Papua, dibutuhkan biaya pengamanan sekitar Rp 600 juta dari usulan semula sebesar Rp 2 miliar.

Biaya pengamanan kontingen itu pun sudah disepakati dalam rapat anggaran antara Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemerintah Provinsi Kalsel bersama Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kalsel di Banjarmasin, Senin (13/9/2021).

Ketua DPRD Kalsel H Supian HK mengatakan usulan anggaran pengamanan kontingen Kalsel yang akan berlaga di PON Papua semula Rp 2 miliar, namun kemudian akhirnya disepakati anggarannya dipangkas menjadi Rp 600 juta berdasarkan jumlah cabang olahraga yang diprioritaskan diberangkatkan ke Papua.

“Awalnya diusulkan Rp 2 miliar, tapi akhirnya disepakati Rp 600 juta,” ujar Supian HK, kepada wartawan usai rapat siang itu.

Pengurangan alokasi anggaran itu lanjutnya, sehubungan ada pengurangan cabang olahraga. Sehingga yang diberangkatkan hanya prioritas sesuai usulan dari KONI Kalsel.

Politisi Golkar ini menambahkan meski ada pengurangan anggaran pengamanan, menurutnya pihak Polda Kalsel bisa menerima, sehingga akhirnya disepakati Rp 600 juta untuk biaya pengamanan kontingen Kalsel selama berada di Papua.

“Memang harus ada pengamanan dari Polda masing-masing provinsi, karena kondisi saat ini masih pandemi Covid-19, selain itu karena kondisi di Papua sehingga perlu antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” terangnya.

Senada Sekda Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar membenarkan alokasi anggaran pengamanan kontingen Kalsel di PON Papua sekitar Rp 600 juta. “Sekitar Rp 600 juta, itu untuk pengamanan suksesnya PON Papua,” sebut Roy.

Dijelaskan, pengamanan kontingen Kalsel lanjutnya, karena saat ini juga masih masa pandemi Covid-19, sementara teman-teman Polda itu diminta untuk pengamanan kontingen mulai dari protokol kesehatan dan lain-lain.

“Iya pengamanan itu memang dalam rangka mensukseskan PON Papua, sehingga masing-masing provinsi diminta pengamanan dari Poldanya,” pungkas Roy.(jejakrekam)

Penulis Ipik G
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.