Peringatan HUT Pramuka ke-60 Kwarda Kalsel, Hj Raudhatul Jannah: Semoga Terwujud Pramuka yang Beriman dan Bertakwa

0

GUBERNUR Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor yang juga Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Pramuka Kalsel, meminta seluruh anggota Pramuka turut menjadi teladan perubahan perilaku saat memasuki kebiasaan baru dalam masa pandemi.

PESAN ini disampaikan saat peringatan Hari Pramuka ke-60 tingkat daerah di Kwarda Gerakan Pramuka Kalimantan Selatan, Senin (13/9/2021). “Saya mengajak kepada anggota Pramuka, untuk menjadi contoh di masyarakat dengan cara hidup sehat, dan mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19,” ujar H Sahbirin Noor.

Upacara peringatan yang dilaksanakan secara virtual terpusat di gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin. Diikuti oleh pengurus Kwarda Kalsel, Pengurus Kwartir Cabang, dang anggota Pramuka Kalsel secara daring, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dalam kesempatan yang sama, Kwarda Kalsel menganugerahkan Lencana Pancawarsa kepada 67 orang pembina pramuka Kalsel, yang dalam pengabdiannya turut membantu dan membimbing anggota Pramuka. Sementara 38 peserta didik yang mencapai peredikat Pramuka Garuda.

BACA: HUT Pramuka Digelar Virtual, Gubernur Kalsel: Ingat Darma Pramuka, Rajin Terampil dan Gembira

Selain itu, bersama dengan Ketua Kwarda, Hj Raudahtul Jannah, SKM, M.Kes, Gubernur Kalsel menyerahkan tropi juara MTQ virtual yang diselenggarakan Kwarda Kalsel beberapa saat yang lalu.

“Kami berharap, dalam masa pandemi ini kita dapat terus melakukan kegiatan yang sesuai dengan keadaan dan tetap aman. Salah satunya dengan MTQ virtual yang diikuti oleh anggota Pramuka Kalsel,” ujar Kak Hj Raudhatul Jannah.

“Semoga dapat terwujud Pramuka yang Qurani, beriman dan bertakwa,” harapnya.

Dalam laporan Sekretaris Kwarda, Kak Zainal Abidin, S.Pd, menghadapi pandemi dan penanggulangan bencana, dalam kurun waktu satu tahun terakhir Kwarda Kalsel telah melatih 150 orang untuk menjadi satgas penaggulangan covid-19, dan 80 orang satgas penggulangan bencana.

Telah melakukan vaksinasi kepada Pengurus, staf, anggota dan keluarga serta masyarakat di lingkungan kwarda Kalsel sebanyak 890 orang. Melaksanakan donor darah dan membagikan bantuan sembako kepada korban terdampak banjir, anak yatim dan panti asuhan.

Sementara, dalam menghadapi musibah banjir, Kwarda Kalsel membagikan perahu karet kepada pengurus Kwartir Cabang. “Kami berharap kita akan lebih siap lagi dalam menanggulangi musibah banjir. Dan anggota Pramuka Peduli menjadi yang terdepan membantu masyarkat,” pungkas Zainal Abidin.(jejakrekam)

Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.