Gagas Oven Telur Asin Portabel, Warga HSU Raih Penghargaan Inovasi TTG Tingkat Provinsi

0

PESERTA dari Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) berhasil meraih juara harapan satu pada Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarmasin, pada Rabu (15/6/21).

PERAIH juara harapan 1 adalah Suratman yang merupakan warga Desa Bayur, Kecamatan Haur Gading, Kabupaten HSU. Ia merupakan binaan dari Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa (PMD) HSU.

Pendamping lomba dari Dinas PMD Kabupaten HSU, Astiani Rosanti, mengatakan, bahwa sosok Suratman menampilkan hasil produksi oven telur asin portabel yang dibuat sendiri oleh yang bersangkutan.

“Inovasi yang dilakukan adalah perendaman di dalam air cuka, menggunakan udara bertekanan dan pemanasan menggukan oven, untuk memperpanjang umur penyimpanan telur asin,” ujarnya Astiani.

BACA JUGA: Ada Warung Bumdes dan Inovasi WC Tripikon di Daha Bikin Kagum Bupati HSS

Sebelumnya, sosok Suratman memang memenangkan lomba inovasi TTG tingkat kabupaten HSU pada bulan April 2021. Dan diusulkan kembali oleh dinas PMD untuk mengikuti lombat di tingkat Provinsi Kalsel.

“Kurang lebih dua bulan melakukan persiapan, ada tiga orang peserta yang kita kirim untuk mengikuti lomba ditingkat Provinsi Kalsel,” sebutnya.

BACA JUGA: Bikin Inovasi, Puskesmas Tambang Ulang Putus Mata Rantai Covid-19 dengan Sword

Sementara itu, tujuan lomba inovasi TTG ini, ungkapnya, untuk meningkatkan kreativitas masyarakat kabupaten HSU pada umumnya dalam mengenngkan dan menerapkan TTG. “Kami harapkan TTG ini semakin diketahui oleh masyarakat luas dan menumbuhkan inovator yang baru,” tutup Astiani. (jejakrekam)

Penulis Muhammad
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.