Dilantik Besok, Lima Pasang Kepala Daerah di Kalsel Bersiap Jalankan Pemerintahan

0

PELANTIKAN lima kepala daerah pemenang Pilkada Kalimantan Selatan 2020 dikabarkan bakal berlangsung pada Jum’at (26/2/2020) besok di Mahligai Pancasila.

KABAR terbaru dari rapat bersama dengan Kemendagri, pelantikan akan dilakukan secara langsung di Mahligai Pancasila oleh Pj Gubernur Kalsel,” ungkap Roy kepada awak media, baru-baru tadi.

Roy menambahkan, agenda ini akan dihelat dengan undangan yang terbatas lantaran Kalsel masih dibayangi kondisi pandemi.

“Tak ada undangan berlebihan. Hanya ada pendamping dari keluarga,” ujarnya.

Adapun lima kepala daerah yang dimaksud meliputi Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Hulu Sungai Tengah, Balangan, dan Tanah Bumbu.

BACA JUGA: Diagendakan Akhir Februari, Pelantikan Bupati-Walikota Terpilih Dihelat Secara Virtual

Sementara itu, untuk dua daerah lain seperti Banjarmasin dan Kotabaru, masih menunggu hasil final di Mahkamah Konstitusi lantaran ada sengketa hasil pilkada.

Di Kota Banjarbaru, ada pasangan Aditya Mufti Arifin-Wartono yang akan dilantik sebagai pasangan kepala daerah. Sementara, untuk Kabupaten Banjar, ada duet Saidi Mansyur-Habib Idrus yang berhasil melenggang usai beres sengketa di MK.

Selanjutnya, ada pasangan Aulia Oktafiandi-Mansyah Sabri yang akan dilantik menjadi Bupati-Wakil Bupati HST. Ada pula pasangan Abdul Hadi-Supiani di Balangan.

Terakhir, untuk wilayah Tanbu, pasangan Zairullah Azhar-M Rusli yang bakal dilantik sebagai bupati dan wakil bupati.

Sebagaimana diketahui sesuai surat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI tertanggal 15 Februari 2021, pelantikan kepala daerah terpilih yang tidak terjadi gugata di MK RI, dilaksanakan minggu ke 4 bulan Februari.

Masih berdasarkan surat bernomor : 131/966/OTDA yang ditandatangani Direktur Jendral Otonomi Daerah (Otda) Kemedagri, tersebut tata cara pelaksanaan pelantikan kepala daerah hasil Pilkada 2020 melalui media teleconfrence dan atau video conference dengan berpedoman pada peraturan perundang-undangan. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.