PDIP-PKPI Positif Usung Berry-Pahrijani, Dukungan PPP Berpotensi Ganda di Pilkada HST?

0

KOALISI tiga parpol hampir positif mengusung duet Berry Nahdian Forqan-Pahrijani untuk didaftarkan sebagai bakal calon Bupati-Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) pada suksesi 2020 mendatang.

SEKRETARIS DPD PDIP Kalimantan Selatan M Syaripuddin menegaskan partainya sudah bulat untuk mengusung kader sendiri di beberapa perhelatan pilkada di Banua.

“Untuk pilkada di tujuh kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan, kami pastikan ada tiga kader PDIP yang ikut bertarung. Yakni, di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kota Banjarbaru dan Kabupaten Tanah Bumbu,” ucap Syaripuddin kepada awak media, usai turut mendampingi pendaftaran bakal calon Gubernur-Wakil Gubernur Kalsel Sahbirin Noor-Muhidin di KPU Kalsel, Banjarmasin, Sabtu (5/9/2020).

Untuk itu, Bang Dhien-sapaan akrab politisi muda banteng ini menegaskan partainya akan sekuat tenaga untuk memenangkan kader atau jago yang diusung dalam perhelatan pesta demokrasi tahun ini.

“Kami bisa meramu dan merebut kemenangan, walau saat ini ada perbedaan calon yang diusung di pilkada. Namun, PDIP bersama rakyat, maka rakyat yang menentukan kemenangan pilkada,” ucapnya.

BACA : Punya Visi Dukung Anak Muda, PSI Kalsel Sokong Saban Effendi-Abdillah di Pilkada HST

Wakil Ketua DPRD Kalsel ini pun mengaku secara tersirat PDIP mengusung Berry Nahdian Forqan yang masih menjabat Wakil Bupati HST berpasangan dengan mantan Kasdim 1002/Barabai, Mayor (Purn) Pahrijani.

Senada itu, Sekretaris DPP PKPI Kalsel Ahmad Zaki pun menegaskan kongsi politik untuk mengusung Berry-Pahrijani dalam ikon Berani telah memenuhi syarat.

Zaki menghitung dua kursi milik PDIP, plus satu kursi PKPI dan tiga kursi PPP, telah memenuhi syarat ambang batas 20 persen untuk jadi parpol pengusung dari 30 kursi DPRD HST hasil Pemilu 2019.

BACA JUGA : Nama Berry-Fahrijani Mulai Mencuat, Suksesi HST 1 dan 2 Diincar Banyak Kandidat

Bukankah PPP juga telah memberi sokongan resmi kepada duet bacalon Saban Effendi-Habib Abdillah Alaydrus (Habib Didil)? Zaki pun menepis adanya potensi ganda dukungan PPP di Pilkada HST.

“Yang pasti, Berry-Pahrijani telah mengantongi SK Formulir model B1 KWK parpol dari PPP, jadi bukan rekomendasi. Silakan kubu lain mengklaim, tapi koalisi tiga parpol telah melengkapi semua berkas untuk mendaftarkan bakal pasangan calon ini ke KPU HST pada Minggu (6/9/2020) besok,” ucap Zaki.

Mantan aktivis HMI Banjarmasin ini hakkul yakin saat pendaftaran nanti, berkas pencalonan Berry-Pahrijani akan diterima oleh KPU HST.

BACA JUGA : Usung Lima Paslon Kepala Daerah, Gerindra Kalsel Klaim Punya Jagoan Politik yang Populer

Terpisah, Ketua DPP PPP Syaifullah Tamliha menegaskan jika nanti terjadi dukungan ganda dari PPP, maka KPU daerah bisa meminta verifikasi langsung ke induk partai.

“Ya, KPU daerah bisa meminta konfirmasi ke DPP PPP di Jakarta, mana SK yang benar. Masalah penentuan itu sah atau tidak, menjadi kewenangan partai,” tegas anggota Komisi I DPR RI ini.

BACA JUGA: Arah Angin Berubah, PPP-PDIP Justru Usung Aditya-Wartono Di Suksesi Banjarbaru

Sebelumnya, Ketua KPU HST Johransyah pun menegaskan dalam proses pengecekan berkas tentu pihaknya hanya mengakui SK Formulir model B1 KWK parpol.

“Nantinya, kami juga akan menelusuri ke sistem informasi parpol (Sipol) KPU RI. Itu terdata jelas, termasuk bisa berkonsultasi ke KPU Kalsel dan KPU RI, jika memang ada potensi dukungan ganda untuk bakal pasangan calon. Ini prosedur yang harus kami jalankan,” tandas Johransyah.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini/Didi GS
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.