Program Kemitraan Pertamina, UMKM Bisa Kembangkan Usahanya

0

PARA pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Banua berkesempatan untuk mengembangkan usahanya dengan adanya bantuan permodalan usaha terjangkau yang ditawarkan PT Pertamina.

INI mungkin akan menjadi tawaran menarik. Sebab melalui Program Kemitraannya, PT Pertamina menawarkan bantuan modal usaha hingga ratusan juta rupiah dengan jangka waktu maksimal 3 tahun dan hanya dikenakan biaya administrasi sebesar 3 persen dari pinjaman pertahunnya.

“Kalau kita bandingkan dengan bantuan modal usaha melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang bunganya mencapai 6 persen pertahun. Tentu bantuan modal usaha dari PT Pertamina ini lebih terjangkau,” ujar Section Head CSR SMEPP PT Pertamina Region Kalimantan Edward Manaor Siahaan saat mengisi materi seminar daring Berbisnis Ditengah Badai Pandemi Covid-19 “Efesien dan Kreatif Usahanya, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Banua Menang!” yang digelar oleh Forum Wartawan Ekonomi (FWE) Kalsel, Minggu (21/6/2020) via Aplikasi Zoom.

BACA : Ditengah Covid- 19, Peserta Seminar Daring FWE Dapatkan Ilmu Bermanfaat

Untuk dapat menikmati tambahan modal usaha melalui program kemitraan dari PT Pertamina syarat yang harus dimiliki UMKM sangatlah mudah. Yaitu merupakan usaha milik Warga Negara Indonesia (WNI), total penjualan maksimum sebesar Rp 2,5 Miliar, usaha milik sendiri dan bukan anak perusahaan atau berafiliasi dengan perusahaan besar, kekayaan bersih maksimum Rp 500 juta, usaha telah berjalan minimum 6 bulan dan punya potensi untuk berkembang hingga perseroan dan tidak berbadan hukum belum memenuhi persyaratan perbankan.

Lalu untuk mengajukan permohonan sendiri UMKM hanya perlu mempersiapkan dokumen berupa form pendaftaran, foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) suami dan istri serta Kartu Keluarga (KK), foto suami dan isteri terbaru ukuran 4×6, foto copy jaminan dan slip pajak, foto tempat usaha 2 lembar, denah atau peta lokasi usaha, surat izin usaha atau keterangan lurah serta foto copy tabungan atas nama pemohon.

“Untuk form aplikasi pendaftaran dengan bentuk PDF sendiri bisa didapatkan dengan saya di nomor 0811 9865109,” tambahnya.

BACA JUGA: Seminar Daring Tentang Sukses Berbisnis Disambut Antusias Para Peserta

Setelah form aplikasi pendaftaran dan segala dokumen dilengkapi lalu kemudian di scan. Maka langkah selanjutnya adalah mengirimkan semua berkas tersebut melalui email [email protected] atau langsung ke CSR & SEMPP Region, MOR, RU dan Rumah Kreatif Pertamina. Untuk yang dikirimkan melalui email subjek emailnya yaitu Pendaftaran Program Kemitraan (Provinsi) dengan contoh Pendaftaran Program Kemitraan Kalsel.

“Ada pun untuk alurnya sendiri pertama pengisian data calon mitra binaan, kedua survey penilaian kelayakan usaha, ketiga pemberitahuan hasil kelayakan usaha, keempat kontrak penandatanganan pengikatan perjanjian dan kelima penyaluran bantuan modal usaha mitra binaan,” katanya.

Dengan menjadi mitra binaan PT Pertamina UMKM tidak hanya akan mendapatkan bantuan modal usaha yang terjangkau, tetapi juga mendapatkan bantuan lainnya berupa pelatihan usaha yang berkelanjutan serta bantuan promosi di berbagai media hingga diikutkan berbagai even pameran skala nasional hingga internasional.

“Banyak sekali sudah UMKM binaan PT Pertamina yang mengikuti even pameran skala nasional dan internasional. Mereka pun jadinya bisa mencari pasar baru yang lebih menjanjikan untuk produknya,” imbuhnya.

Sekedar diketahui, kegiatan seminar daring Berbisnis Ditengah Badai Pandemi Covid-19 “Efesien dan Kreatif Usahanya, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Banua Menang!” didukung penuh oleh Bank Kalsel, PT Pertamina, Alfamart, Telkomsel hingga PT Dharma Lautan Utama (DLU) Cabang Banjarmasin.(jejakrekam)

Pencarian populer:tawaran kemitraan UMKM
Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.