Edukasi Protokol Pencegahan Covid-19, Bupati Noormiliyani Lepas Tim KIE Provinsi di Alalak

0

TIM Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Batola menggelar rapid test massal di Kecamatan Alalak, pada Sabtu (30/5/2020) kemarin. Kegiatan yang menargetkan 675 warga di lima lokasi itu selain melibatkan gugus tugas Kabupaten dan kecamatan, juga diikuti Tim Gugus Tugas serta Tim Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) Provinsi Kalsel.

TIM KIE yang berasal dari 26 SKPD di Provinsi Kalsel itu hadir dalam rangka membantu penanganan Covid-19. Setiap tim juga dibekali 500 buah masker kain untuk dibagikan ke masyarakat.

Sebelum bergabung dalam kegiatan rapid test massal tim yang dipimpin Wakil Ketua Harian GTPP Covid-19 Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq, itu terlebih dahulu mengadakan pertemuan dengan Bupati Batola Hj Noormiliyani, Sekda Abdul Manaf, para anggota forkopimda, SKPD terkait, dan Camat M Sya’rawi di Kantor Kecamatan Alalak.

Hanif mengatakan, Tim KIE bertugas membantu penanganan Covid-19 di daerah-daerah, kecamatan, dan puskesmas-puskesmas. Selain itu, tim juga memberikan edukasi kepada msyarakat serta mendukung perjuangan para petugas garis depan seperti dokter, perawat dan tenaga kesehatan lainnya.

“Dalam kerjanya, tim akan menyebar ke seluruh kecamatan, kelurahan, dan daerah-daerah yang memberlakukan PSBB seperti Banjarmasin, Banjarbaru, Batola dan Banjar,” katanya.

BACA: Gencarkan Tes Massal Covid-19, Pemkab Batola Kembali Laporkan Satu Pasien Sembuh

Hanif sendiri berpesan kepada tim agar dalam penyampaian sosialisasi mengedepankan cara kekeluargaan dan menyesuaikan karakter daerah masing-masing.

“Sampaikan pesan pencegahan Covid dengan baik sehingga masyarakat mematuhi imbauan protokol kesehatan,” katanya.

Bupati Batola, Noormiliyani AS, mengucapkan terima kasih kepada Tim KIE Provinsi yang telah memilih Batola untuk dikunjungi. Ia mengatakan, Batola juga memiliki relawan Siaga Covid hingga tingkat kelurahan.

Mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel itu menyatakan, kabupaten dan provinsi harus sinergi dalam menangani masalah Covid-19 agar kerja yang dilaksanakan bisa maksimal.

Di akhir pertemuan, bupati perempuan pertama di Kalsel ini berkenan melepas keberangkatan Tim Rapid Tes dan Tim KIE Provinsi Kalsel di halaman Kantor Kecamatan Alalak. Puluhan mobil yang dilengkapi pengeras suara akan berkeliling ke tiga Kecamatan di Batola untuk
membagikan masker.

Mereka juga akan melakukan sosialisasi dan tatap muka dengan masyarakat di tiga kecamatan yang tergolong zona merah seperti Alalak, Wanaraya, dan Barambai. (jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.