Bandara Syamsudin Noor Dibuka, Walikota Banjarmasin Khawatir Ada Kluster Baru Covid-19

0

MESKI empat daerah di Kalimantan Selatan menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yakni Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar dan Barito Kuala (Batola), toh Walikota Ibnu Sina masih khawatir ada indikasi munculnya kluster baru Covid-19.

INI menyusul dibukanya kembali rute penerbangan dari ke Banjarmasin di Bandara Syamsudin Noor di Banjarbaru.

Hal tersebut yang membuat Walikota Banjarmasin Ibnu Sina khawatir dengan potensi bertambahnya kasus warga terjangkit virus Corona, karena terbukana pintu keluar-masuk orang luar kota Banjarmasin.

“Saya khawatir kalau kemudian bandara dibuka, kemudian PSBB di masing-masing kota tidak efektif, sehingga orang luar kota Banjarmasin masih terus masuk. Pastinya ada penularan lagi,” kata Walikota Ibnu Sina kepada awak media di Balai Kota Banjarmasin, Selasa (26/5/2020).

BACA : Hanya Satu Karyawan Positif Covid-19, Manajemen Q-Mall Bantah Ada Kluster Corona

Untuk mengantisipasi lonjakan tersebut, Ibnu Sina mengatakan Pemkot Banjarmasin lebih mendorong pemberlakuan pembatasan sosial berskala kecil (PSBK) di tingkat kelurahan hingga RT/RW. Seperti yang sudah dilakukan di sejumlah kelurahan. Salah satunya Benua Anyar Kecamatan Banjarmasin Timur.

Mantan anggota DPRD Kalsel ini juga menyebut saat ini grafik kasus Covid di Banjarmasin cenderung mendatar, meski masih terdapat beberapa tambahan positif setiap harinya.

Meski begitu, Ibnu Sina mengungkapkan hingga Selasa (26/5/2020) pukul 14.07 Wita dengan mencatat sebanyak 225 kasus positif Covid-19. Ibnu mengatakan terdapat kluster baru yakni kluster Sungai Bilu.

“Yang baru ini kluster Sungai Bilu. Kluster ini juga menjadi perhatian kami saat ini, karena angkanya sudah mulai melonjak. Perlu diantisipasi,” akunya.

Memang dari data terakhir GTPP Covid-19 Kota Banjarmasin, Kelurahan Sungai Bilu menjadi peringkat pertama penyumbang kasus covid terbesar di ibukota Kalsel dengan 17 kasus.

BACA JUGA : Kasus Terus Melonjak, Penelusurun Gugus Tugas Banjarmasin Catat Ada 5 Kluster Covid-19

Kemudian disusul kluster Pekapuran di Kelurahan Pekapuran Raya yang berada di peringkat kedua di bawah Sungai Bilu, kluster Antasari di kawasan Pasar Sentra Antasari Banjarmasin serta kluster Gowa.

“Saya berharap angka ini bisa kita tekan setelah melakukan rapid test secara masif, kemudian jika ada yang reaktif kita lanjutkan dengan tes swab,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.