Pemkab Batola Siapkan 20 Ribu Paket Sembako untuk Warga Miskin Terdampak Covid-19

0

BUPATI Barito Kuala, Noormiliyani AS, mengatakan Pemkab Batola (Batola) tengah menyiapkan sejumlah rencana aksi untuk mengurangi dampak sosial dan ekonomi kepada warganya akibat dampak penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

BENTUK aksi yang disiapkan diantaranya berupa pemberian paket sembako kepada warga miskin dan terdampak dari adanya penyebaran Covid-19. Tak tanggung-tanggung, alokasi bantuan yang disiapkan sebanyak 20 ribu paket untuk 20 ribu kepala keluarga (KK) dengan nilai masing- masing Rp200 ribu.

Jenis bantuan yang bakal diberikan terdiri dari 10 kilogram beras, 2 kilogram gula pasir, 2 liter minyak goreng, dan 1 rak (25 biji) telur. Sedangkan lama bantuan diberikan tiga bulan terhitung sejak April hingga Juni 2020.

“Kami sedang menyiapkan anggaran untuk 20 ribu KK. Mereka yang bakal mendapatkan bantuan selain berkategori miskin juga usahanya terdampak penyebaran Covid-19,” kata Noormiliyani usai menyelenggarakan Press Realese Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Aula Bahalap Marabahan, Kamis (09/04/2020).

BACA: Jika PSBB Diterapkan, Polres Batola Siapkan Operasi Aman Nusa II Intan

Didampingi Pj Sekda, Abdul Manaf, Kadis Kesehatan, Azizah, dan Direktur RSUD Abdul Aziz Marabahan, Fathurrahman, mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel itu menerangkan, warga yang mendapatkan bantuan dari dampak Covid-19 tidak termasuk yang sudah mendapatkan bantuan sosial (bansos) yang dilaksanakan Dinas Sosial seperti pada Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Noormiliyani menjelaskan, saat ini pihaknya tengah melakukan pendataan dengan mengumpulkan data-data di masing-masing kecamatan.
“Supaya tidak terjadi overlapping (tumpang tindih) maka data-data yang masuk dari kecamatan akan kita sandingkan dengan data para penerima bansos yang terdaftar di Dinas Sosial (Dinsos) Batola,” paparnya.

Noormiliyani mengutarakan, dalam pendataan warga terdampak akan diprioritaskan dari kecamatan yang berada di sekitar perlintasan utama. Sedangkan pendataanya diserahkan kepada camat, kades, ketua RT, dan petugas sosial dalam masing- masing wilayah terdampak yang dibuktikan dengan KTP.

“Kami berharap bantuan tersebut sudah tersalurkan sebelum Ramadhan tiba,” harapnya. (jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.