ACT

Jika PSBB Diterapkan, Polres Batola Siapkan Operasi Aman Nusa II Intan

0 127

POLRES Barito Kuala (Batola) menggelar Tactical Floor Game (TFG) dan Simulasi Operasi Aman Nusa II Intan Penanganan Virus Covid-19 Tahun 2020, Senin (06/04/2020) lalu.

TFG yang berlangsung di Aula Jananuraga Polres Batola ini disampaikan Kasat Lantas Polres Batola AKP Faisal Amri Nasution di hadapan Kapolres Batola AKBP Bagus Suseno, SIK MH, Wakil Bupati H Rahmadian Noor, Ketua DPRD Saleh, Ketua PN Marabahan Yohannes Purnomo Suryo Adi, Kasdim 1005 Marabahan Mayor Inf Siswanto, SKPD terkait, dan para kapolsek.

Faisal Amri Nasution membeberkan, strategi dan persiapan-persiapan rencana aksi yang akan dilakukan jajaran Polres Batola dari diberlakukannya status pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di tengah ancaman penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). 

BACA : Ada Dua PDP Covid-19 Dirujuk ke RSUD Abdul Aziz Marabahan

Untuk mematangkan rencana TFG ini, Polres Batola juga menggelar simulasi dalam upaya penanganan dan antispasi seandainya terjadi eskalasi dari diberlakukannya status PSBB. 

Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor mengatakan, dalam mengatasi penyebaran Covid-19 diperlukan keterpaduan dengan seluruh unsur yang ada agar terjadi kesamaan persepsi supaya gerak dan langkah di lapangan dapat dilakukan sesuai kesepakatan yang ditetapkan. 

Rahmadi mengutarakan, dalam kaitan keterbatasan APD (Alat Pelindung Diri) Pemkab Batola melalui Dinas Kesehatan dan Puskesmas telah membuat SOP dalam penanganan warga yang dicurigai terdampak Covid-19. 

Dalam penanganannya, menurut dia, warga diminta cukup mengontak petugas puskesmas di wilayahnya untuk melakukan identifikasi terhadap penyakit yang diderita. 

“Jika dari identifikasi lebih mengarah kepada Covid-19, baru pihak puskesmas menghubungi pihak RSUD Abdul Aziz untuk melakukan penjemputan,” ucapnya.

“Langkah ini hendaknya juga diketahui para petugas kepolisian, agar dalam tindakan di lapangan bisa sama-sama saling memahami,” harap Rahmadi. 

BACA JUGA : Pemkab Batola Siapkan Ruang Isolasi di RS Abdul Aziz

Wabup juga menjelaskan, saat ini kecamatan-kecamatan yang ada di Batola, khususnya yang berada di wilayahnya perbatasan juga akan menggalakkan pamswarkarsa untuk meningkatkan pengawasan terhadap keluar masuknya warga. 

Menurut dia, dengan adanya Operasi Aman Nusa II Intan petugas kepolisian bisa melakukan sinergi dengan warga. 

Kapolres Batola AKBP Bagus Suseno mengatakan, pihaknya akan melakukan penguatan posko-posko di perbatasan dengan menempatkan petugas seperti antara Anjir Pasar-Kapuas, Tabukan, Bakumpai serta rencana penempatan posko baru di Alalak yang berbatasan Banjarmasin, Jejangkit dan Mandastana yang bertetangga dengan Banjar serta perbatasan Kalteng di Wanaraya. 

Petugas yang ditempatkan dengan sistem rayon, seperti Polsek Tabunganen ditempatkan bersama Tamban dan Mekarsari. Anjir Pasar, Anjir Muara dan Alalak berada di rayon yang lain. Demikian pula Polsek Cerbon, Rantau Badauh, Jejangkit, dan Mandastana. 

Selain di darat, tambah Bagus, pengawasan di perairan juga dilakukan Satpolair Polres Batola terutama di feri penyeberangan di Jelapat, muara Tamban, Tabukan, dan Kuripan. 

Selain itu terdapat pula rayon yang ditempati Wanaraya, Barambai, Belawang, Marabahan, Bakumpai, Tabukan dan Kuripan. 

“Dengan sistem ini, maka hal-hal yang menjadi atensi terkait eskalasi dapat ditangani segera. Apabila kekurangan personel maka bantuan langsung diturunkan dari Polres Batola,” ucapnya.

BACA JUGA : Tambahan Tiga Orang, Kini di Kalsel Terdata Ada 19 Pasien Positif Covid-19

Bagus menambahkan, Polres Batola juga menyiapkan pengawalan distribusi sembako sejak perbatasan agar tidak terjadi gangguan di jalan,” ucapnya.

Demikian pula pengawalan kendaraan pengangkutan pasien dari RSUD Abdul Aziz ke rumah sakit rujukan. 

“Kegiatan ini merupakan usaha menyamakan persepsi dalam mengantisipasi pembatasan sosial berskala besar. Bukan hanya polisi, operasi melibatkan Pemkab Batola, Kodim 1005 Marabahan dan masyarakat,” ucapnya. (jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.