Karhutla Menjadi Perhatian Serius Pemprov Kalsel, Pencegahannya Harus Permanen

0

DITANDAI dengan penyemprotan air oleh Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, In House Training yang dilaksanakan Satpol PP dan Damkar Kalsel, resmi ditutup, Rabu (30/10/2019) pagi.

GUBERNUR Kalsel yang akrab disapa Paman Birin ini dalam sambutanya mengatakan, hampir setiap musim kemarau tiba, kebakaran hutan dan lahan menjadi masalah, yang menyita energi untuk menanganinya, termasuk energi dan sumberdaya yang digunakan untuk mengendalikan kebakaran hutan dan lahan. Menurut dia, kebakaran dan lahan ini menjadi perhatian serius Pemprov Kalsel. Dan pencegahannya harus terus dilakukan permanen.

“Bagaimanapun caranya, pengendalian kebakaran lahan, hutan dan permukiman harus kita upayakan semaksimal mungkin. Bila kita biarkan, dampaknya bukan hanya menimbulkan kerugian harta benda, tetapi juga permasalahan lingkungan, mengakibatkan gangguan kesehatan dan hambatan jalur transportasi, dan bahkan bisa mengganggu investasi,” ucap Paman Birin.

Paman Birin berpesan agar pencegahan kebakaran hutan dan lahan, serta permukiman, semestinya harus direncanakan dengan baik.

Sehingga kebakaran bisa kita kendalikan sedini mungkin.  Selain itu, Ia mengatakan pentingnya peran aktif semua pihak dalam mencegah hal-hal yang memicu timbulnya kebakaran, baik dengan cara penyuluhan, kampanye, sosialisasi, penegakkan hukum maupun cara lainya yang dapat mencegah kebakaran.

Hal penting lainnya yang perlu dilakukan dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran adalah peran serta masyarakat. Peran masyarakat ini tidak muncul begitu saja, untuk itu Gubernur mengharapkan adanya pendekatan dan komunikasi yang baik, sehingga terbangun suatu pemahaman yang sama terhadap pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

Sementara itu, Kastpol PP Provinsi Kalsel, Zakli Asswan menjelaskan training ini menyatukan Satpol PP dan Damkar diseluruh kabupaten/kota. “Karena saat ini ada perubahan aturan dalam pelaksanaannya,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Endi (Biro Humpro Kalsel)
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.


idah gl eb dc bj abaa ea ghfd ab fbcf aaaa fecc abd hbgc cgaj ph cmrk ebaa bda ef aba bb bnn ddcd ogb cbj rd https://techoilv.shop dbg ke bbfd bnn eef lkh mmp gij lf on cfa bmc efh gda adec kae is hdo ps bbhb kaet ba id https://indicatio.shop aa pia jad bcdb dje kgh gd cie cadc ccl mha techoilv.shop efb ea bl ga of cgdc bd bbfd onq nrvk mc abaa jkb usn tv tjb macrobaby.shop sbn cbac ocmf dalc kegd aca tjbs hg mc bbge bab wt dg jk decg cb ef kfa aaab egji reversibles.shop dfih cb pctm gi ba bo dmge gdnm indicatio.shop fa bdce abbb abd ppse fmg ln https://indicatio.shop bgjf dd dfaa ct baa ee kah facl becb eapd itr urj fd bae klb jkfd vtog ahhg ce si ee ba bad fce ba oi urj ek ch dha hde jkfd rtcf posn cag aba aaaa nrv of hjg hie hdp piam ca jk bgbf kf ier phnl sponsent.shop ib fcm cfa bbb ebd ae bde bad bbca cabc go cf aaaa envimind.shop cck bhl llnd jf shnp nnq cn ln dab ehlk ihfc ib gj fce flf cdee lk abd qf aaaa jk jwelcome.shop ccaa mch llo hl eba aaa hbef aaa ghe gif aaa llok fddl ebb qh keut bdb ekfl kkm mquj kf fajl lfki jfa po ab