Bupati Balangan Minta SKPD Bekerjasama dengan TP4D

0

AGAR pelaksanaan program kerja sesuai aturan dan aparatur Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan harus bertindak cepat dan tidak ragu dalam menjalankan tugas, Bupati Balangan H Ansharuddin meminta, jajarannya  untuk bekerjasama dengan Kejaksaan Negeri Balangan melalui Tim Pengawal, Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) yang telah dibentuk dan ada. Hal ini dimaksudkan, agar pekerjaan pembangunan berjalan cepat dan sesuai aturan.

“JADI seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Balangan tidak perlu ragu dalam bekerja khususnya terkait pengunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), karena sudah ada TP4D sebagai tempat konsultasi,” ujar bupati.

Oleh sebab itu, lanjut Anshar, agar keragu-raguan dalam menjalankan program kerja dibuang jauh-jauh. Sebab selama ini, akibat keragu-raguan penyerapan anggaran tidak maksimal yang tentunya pembangunan terhambat yang muaranya kesejahteraan masyarakat juga terlambat tercapai.

BACA: Majukan Usaha Pertanian di Balangan Lewat Berbagai Kebijakan

”Manfaatkan keberadaan TP4D dalam melaksanakan tugas, agar tidak tersandung dengan masalah hukum,”sarannya.

Sebelumnya, Kepala Kejari Balangan, Tommy Kristanto mengatakan, TP4D merupakan tim internal kejaksaan yang bertujuan mengawal dan mengawasi pembangunan demi mengamankan penggunaan uang negara yang dikelola oleh pemerintah daerah.

Sebagai langkah preventif (pencegahan) Pemda diminta proaktif berkordinasi serta meminta agar diawasi TP4D sebelum dilakukan penegakan hukum secara represif (penindakan) manakala pencegahan tidak efektif, karena itu pilihan terakhir (ultimum remedium) bilamana mengalami jalan buntu.

“Pemerintah daerah tidak perlu ragu dan takut mengambil kebijakan (diskresi) asalkan tidak bertentangan dengan aturan yang berlaku dan TP4D siap mendampingi,” imbuhnya.(jejakrekam)

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.