Demo Sempat Ricuh, Mahasiswa-Polisi Terlibat Aksi Saling Dorong

0

AKSI besar-besaran untuk turun ke jalan dilakoni ribuan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Banjarmasin dan Banjarbaru, juga diikuti para pelajar SMA/SMK di depan Gedung DPRD Kalsel, Jalan Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kamis (26/9/2019).

MASSA pendemo yang dikoordinir Ghulam Reza dari Uniska Banjarmasin, Rizal Nagara (UIN Antasari) dan Sandi (Universitas Lambung Mangkurat), mulai merangsek masuk ke Gedung DPRD Kalsel.

Namun, aksi mereka diadang barikade ketat aparat kepolisian dengan tameng. Sempat ricuh, barisan mahasiswa dan polisi sempat terlibat aksi saling dorong. Bahkan, blokade polisi sempat jebol ditembus mahasiswa, yang terus mendorong untuk segera dipertemukan dengan wakil rakyat di Rumah Banjar.

Pengamanan ini pun langsung dipantau Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani dan Wakil Kapolda Kalsel Brigjen Aneka Pristafuddin dari depan Gedung BCA. Skema pengamanan dengan pagar betis ditambah dua unit mobil watercannon disiagakan, jika nanti aksi berujung anarkis.

BACA : Usung 10 Tuntutan, Aksi Mahasiswa Kalsel Diikuti Sejumlah Pelajar SMA/SMK

Bahkan, polisi sempat mengamankan dua mahasiswa yang dianggap memprovokasi rekannya. Namun, sebelum usai aksi, mahasiswa itu kembali dilepaskan. Menariknya, dalam aksi kali ini, ratusan siswa SMK se- Banjarmasin juga ikut para senior dalam mengusung tuntutan penolakan terhadap RKUHP, revisi UU KPK, serta UU lainnya yang tak berpihak kepada publik.

Kericuhan ini pun mereda ketika Wakil Ketua DPRD Kalsel Syaripuddin dan beberapa anggota dewan lainnya datang, dan mau duduk lesehan di aspal untuk berdialog.(jejakrekam)

 

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.