Gateball Bukan Olahraga Mahal, Pengurus Pergatsi Kalsel Dilantik

0

PENGURUS Provinsi Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Kalimantan Selatan periode 2019-2023, secara resmi dilantik di Hotel Mercure Banjarmasin, Rabu (19/9/2019) malam.

SEKRETARIS Jenderal (Sekjen) Pengurus Pusat Pergatsi, Puja Samedhi seusai pelantikan, menaruh harapan tinggi terhadap pengurus Pergatsi Kalsel yang baru dapat membawa olahraga gateball makin digemari masyarakat Kalsel secara luas.

“Pengurus yang baru harus lebih banyak melibatkan intansi lainnya, olahraga ini bukan hanya milik (Dinas) PU. Olahraga ini adalah olahraga nasional,” ucap Puja kepada awak media.

Ia menepis anggapan olahraga gateball hanya bisa dimainkan orang kaya. Sebab, hanya membutuhkan palu yang mirip dengan permainan croquet, bola dan dapat dimainkan di lapangan manapun, baik lapangan rumput atau lapangan semen.

BACA : Hadapi Pra-PON, Perpani Kalsel Gelar Kejurprov Panahan Paman Birin Cup

Puja menuturkan gateball mulai digemari masyarakat di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini dibuktikan pengurus Pergatsi sudah ada di 30 provinsi di Indonesia, terdekat pengurus Pergatsi Aceh bakal dikukuhkan. “Awalnya gateball mulai berkembang dari Bali, kemudian menyebar ke seluruh Indonesia,” kata Puja.

Ia mengatakan rencananya PON Papua tahun depan, gateball bakal dilombakan. Namun, pasca kerusuhan di sejumlah daerah di Papua, ada wacana menghapus 15 cabang olahraga termasuk gateball dengan 15 medali emas yang akan diperebutkan.

“Ini hanya wacana, kami berharap gateball tetap dilombakan. Apalagi olahraga ini tidak terlalu mahal. Bahkan, di Papua sendiri sudah punya tiga venue, tidak usah berbuat apapun gateball bisa dipertandingkan,” imbuh Puja.

BACA JUGA : KONI Kalsel Persiapkan Atlet Pra PON di Papua

Sementara itu, Ketua Pengprov Pergatsi Kalsel Roy Rizali Anwar langsung tancap gas. Ia bertekad segera memasyarakatkan olahraga gateball agar semakin digemari khalayak luas.

“Sudah ada lima kabupaten dan kota yang memiliki pengurus Pergatsi. Harapan kita, sebelum akhir tahun sudah ada pengurus Pergatsi di 13 kabupaten/kota di kalsel,” urai Kepala Dinas PUPR Provinsi Kalsel ini.

Kata Roy,  Kalsel sendiri memiliki atlet gateball yang potensial. Terakhir, atlet dari Kalsel meraih medali perak even gateball tingkat nasional di Kota Medan. Mantan Kepala Dinas PU Kabupaten Tanbu ini menargetkan kejuaran gateball tingkat provinsi bakal digelar awal tahun sebagai pemanasan menjelang Porprov Kalsel tahun depan.

“Kami akan jaring atlet-atlet sebanyak-banyaknya agar ada atlet asal kalsel yang bisa bersaing dengan daerah lainnya,” pungkas Roy.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.