Desa Matang Hanau Desa Tangguh Bencana

0

DESA Matang Hanau, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan, ditetapkan sebagai desa tangguh bencana atau destana.

KABID Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kalsel Sahruddin saat rapat di BPBD Balangan, Jumat (9/8/201), mengatakan desa tangguh bencana di Balangan pertama dilaksanakan. “Untuk itu kami telah menunjuk 4 fasilitator dari provinsi dan desa setempat untuk kelancaran kegiatan tersebut,” ujarnya

Tim fasilitator bertugas melakukan kordinasi pengumpulan data, identifikasi, dan perencanaan, pendampingan, fasilitasi, menyusun laporan aktifitas tangguh bencana.

BACA : Desa Batik Jadi Desa Tangguh Bencana

Sebanyak 40 orang dari desa Matang Hanau akan dilatih tentang manajemen pencegahan dan mitigasi bencana, hingga November nanti. Selanjutnya setelah desa tangguh bencana dibentuk, BPBD kabupaten dapat mengembangkan sehingga desa tersebut bisa mandiri bahkan bisa menolong desa tetangga yang terkena musibah bencana.

Desa Matang Hanau memiliki sumber daya alam dengan tanah subur, dan sumberdaya manusia yang potensial. Bencana yang sering terjadi ialah banjir dan kebakaran. Desa tangguh bencana selain menyiapkan SDM yang siap menghadapi bencana juga akan diberikan bantuan peralatan mesin pompa.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.