Peta Politik Banjar Berubah, Sulaiman Razak Pastikan Maju Berlaga

0

NAMA Gusti Sulaiman Razak, adik kandung mantan Bupati Banjar Pangeran Khairul Saleh, mulai disebut masuk dalam bursa calon jelang suksesi 2020 di Kabupaten Banjar. Informasinya, ada beberapa parpol yang meraih kursi di DPRD Banjar bakal jadi pengusungnya.

LEWAT jaringan massa pendukung Sultan Banjar Khairul Saleh, diprediksi Sulaiman Razak bisa bersaing dengan kontestan lainnya yang dikabarkan bakal maju berlaga, seperti petahana Bupati Banjar Khalilurrahman alias Guru Khalil, serta Wabup Banjar Saidi Mansyur dan figur lainnya.

Kepada jejakrekam.com, Senin (15/7/2019), Sulaiman Razak menuturkan keseriusannya untuk maju sebagai calon Bupati Banjar di suksesi 2020 mendatang.

“Saya sudah lama menyiapkan tim pemenangan saat Pilkada Kabupaten Banjar 2015 lalu. Sekarang, tim ini akan digerakkan kembali jelang pilkada serentak 2020 mendatang. Banyak aspirasi dari masyarakat Kabupaten Banjar yang mendorong saya untuk maju, selain mendapat restu dari keluarga besar,” ucap Sulaiman Razak.

BACA : Kans Sultan Khairul Saleh Terbuka Ditopang Mesin Pemilih Fanatiknya

Apakah akan maju lewat usungan parpol atau independen? Sulaiman Razak menegaskan akan maju lewat parpol yang meraih kursi di DPRD Banjar hasil Pemilu 2019. Ia menyebut ada dua parpol yang sudah siap mendukungnya. Sayangnya, Sulaiman Razak enggan menyebut dua parpol yang dimaksud itu.

“Saya akan maju melalui partai politik sudah ada pembicaraan dan persetujuan mereka. Namun, kami kami tetap berkomunikasi dengan baik,” tegas Sulaiman Razak.

Terpisah, anggota DPRD Banjar asal Partai Nasdem, Akhmad Rozanie Himawan Nugraha pun menilai dengan majunya Sulaiman Razak bisa meramaikan bursa calon bupati, terutama dari kalangan muda.

“Jelas, dengan majunya Sulaiman Razak makin membuktikan jika potensi kalangan muda di Kabupaten Banjar untuk menjadi calon pimpinan daerah terbuka lebar. Sebab, siapa saja berhak untuk menggunakan hak politiknya diusung sebagai kandidat,” ucap Ketua Bappilu DPW Partai Nasdem Kalsel ini.

BACA JUGA : Jaring Pendamping, Nasdem Pastikan Usung Saidi Mansyur Jadi Cabup Banjar

Meski saat ini Partai Nasdem hampir dipastikan akan mengusung Wakil Bupati Banjar Saidi Mansyur sebagai calon bupati, toh Rozanie menegaskan semakin banyak figur yang berlaga di suksesi 2020, makin variatif pilihan masyarakat.

“Setiap warga negara itu punya hak politik, termasuk hak politik untuk maju sebagai calon kepala daerah. Untuk itu, perlu kita hormati dan berikan apresiasi jika kalangan muda maju mencalonkan diri,” ujar Rozanie.

Warga Sungai Tabuk, Syafrudin pun mengakui majunya Sulaiman Razak, akan mengubah peta politik yang ada di Kabupaten Banjar. Menurut dia, konstelasi politik yang lebih mengarah ke kans pertarungan calon petahana, bisa berubah dengan hadirnya figur-figur alternatif di luar Guru Khalil dan Wabup Saidi Mansyur.

“Ini mengejutkan, apalagi Sulaiman Razak sangat dikenal masyarakat. Dia juga punya jaringan seperti yang dimiliki mantan Bupati Banjar Pangeran Khairul Saleh,” ujar Syafruddin.(jejakrekam)

 

Penulis Syahminan
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.