Jaring Pendamping, Nasdem Pastikan Usung Saidi Mansyur Jadi Cabup Banjar

1

KONGSI politik Bupati Banjar H Khalilurrahman dengan Wabup Saidi Mansyur, hampir pasti tak bisa dilanjutkan lagi jelang pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2020 mendatang. Sinyal ini makin kuat, setelah Partai Nasional Demokrat (Nasdem) memastikan akan mengusung putra pengusaha batubara, H Mansyur sebagai calon Bupati Banjar periode 2021-2026.

KENAIKAN raihan kursi di DPRD Kabupaten Banjar hasil Pemilu 2019 yang sangat signifikan, membuat Partai Nasdem percaya diri untuk mengusung kadernya sebagai kandidat orang nomor satu di suksesi 2020 mendatang.

“Yang pasti, kami siap memberi dukungan maksimal bagi Wakil Bupati H Saidi Mansyur untuk maju dalam Pilkada Banjar 2020 mendatang. Sebab, raihan suara dan kursi Nasdem sangat signifikan dalam Pemilu 2019 dibanding pemilu sebelumnya,” ucap Sekretaris DPW Partai Nasdem Kalsel Akhmad Rozanie Himawan Nugraha kepada jejakrekam.com di Martapura, Rabu (26/6/2019).

BACA : Kampung KB Ruhui Rahayu Desa Simpang Tiga Diresmikan Wabup Banjar

Bukan tanpa alasan, Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Nasdem Kalsel ini mengungkapkan dengan modal tujuh kursi di DPRD Banjar, tentu bisa menggalang koalisi dengan parpol lain untuk jadi partai pengusung.

Diakui Rozanie, posisi Wabup Saidi Mansyur yang juga Pembina DPC Partai Nasdem Kabupaten Banjar ternyata turut mendongkrak perolehan kursi partai di parlemen, yang sebelumnya tiga kursi bertambah 130 persen menjadi tujuh kursi.

Ia menyebut fakta ini menjadi rujukan dan barometer bagi Nasdem dalam mengukur peta kekuatan parpol pendukung jelang suksesi Banjar 1 dan 2. Masih menurut Rozanie, sosok H Saidi Mansyur merupakan calon petahana sehingga sudah mengetahui roda pemerintahan dan kebijakan yang ada di Pemkab Banjar, bisa menjadi modal untuk naik kasta menjadi calon bupati.

“Kami juga belajar dari hasil Pilkada Banjar 2015 lalu, penting sekali untuk soliditas parpol pengusung. Untuk itu, siapa yang akan menjadi pendamping H Saidi Mansyur sebagai calon wakil bupati, harus dihitung secara matang,” kata anggota DPRD Banjar ini.

BACA JUGA : 23 September 2020 Pilkada Serentak, Ini Tahapannya dalam Draf PKPU

Rozanie mengatakan kalkulasi politik sangat penting, karena harus sejalan dengan visi-misi H Saidi Mansyur untuk sang calon pendamping hingga menjadi duet calon bupati-wakil bupati yang layak jual di pilkada.

“Saat ini, kami masih melakukan penjaringan untuk figur yang akan mendampingi H Saidi Mansyur sebagai calon wakil bupati. Nasdem tentu menginginkan hubungan bupati dan wakil bupati nantinya harmonis dan sinergis,” tandas caleg terpilih DPRD Kalsel periode 2019-2024 ini.

BACA LAGI : Lihat Hasil Survei, Rudy Ariffin Pastikan Putranya Berlaga di Pilkada

Sementara itu, dalam bursa calon Bupati Banjar periode 2021-2026, sang petahana H Khalilurrahman kabarnya akan tetap maju berlaga. Selama ini, hubungan emosional dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masih dijaga sang bupati yang juga tokoh Ponpes Darussalam Martapura itu.

Tak hanya Khalilurrahman, kabarnya Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kalsel HM Aditya Mufti Ariffin juga masuk dalam radar  bakal calon Bupati Banjar ke depan. Apalagi, saat ini, PPP telah melakukan survei internal untuk mengkalkulasi kans Aditya berlaga di Pilkada Banjar 2020 mendatang, terutama di basis massa pendukung PPP, khususnya sang ayah H Rudy Ariffin yang pernah menjabat bupati di kabupaten itu.(jejakrekam)

 

Penulis Syahminan
Editor Didi GS
1 Komentar
  1. sampoerna berkata

    Duit puluhan miliar kdd artinya mun slogan Asli Urang Banua dipakai rivalnya 🙁

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.