Gelar Silaturahmi, ORARI Balangan Ingin Kenalkan Situs Sejarah Benteng Tundakan

0

ORGANISASI Radio Amatir Indonesia (ORARI) Balangan, pada 28 Juli mendatang akan mengelar acara silaturrahmi pengguna radio komunikasi se Kabupaten Balangan dan mengundang pengguna radio lainnya dari kabupaten tetangga.

BUKAN hanya sebagai ajang silaturahmi antar pengguna radio komunikasi, acara yang akan dilangsungkan di Desa Tindakan Hulu, Kecamatan Awayan ini juga ditujukan lebih mengenalkan situs sejarah Benteng Tundakan yang berada di desa tersebut.

Ketua ORARI Lokasi Balangan, H Syaifullah mengungkapkan, pelaksanaan acara silaturahmi antar pengguna radio komunikasi yang digagas pihaknya memang sengaja mengambil tempat dekat dengan situs sejarah Benteng Tundakan, agar masyarakat luas khususnya pengguna radio komunikasi bisa melihat langsung saksi sejarah perjuangan para pahlawan masa lalu dalam melawan kolonial Belanda.

BACA: Datu Kandang Haji, Pengasas Pendidikan Islam Tertua Tanah Banjar

“Kita juga bekerjasama dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat dalam kegiatan ini,” ujar Syaifullah yang juga merupakan Wakil Bupati Balangan ini.

Dirinya berharap, lewat kegiatan ini, eksistensi benteng tindakan salah satu situs sejarah perang banjar yang dikomandani oleh Pangeran Antasari tersebut makin dikenal, sehingga kelestariannya bisa terus dijaga.

Selain itu, menurut Syaifullah, diharapkan kecintaan dan penghargaan terhadap pahlawan masa lalu juga bisa terus meningkat, dengan demikian sebagai generasi penerus bisa melanjutkan perjuangan para pahlawan masa lalu, sesuai dengan kapasitas masing-masing yakni, memajukan daerah.

“Lewat kegiatan ini kita juga ingin menegaskan jika keberadaan ORARI bukan hanya sarana komunikasi, tapi juga menjadi sarana silaturahmi dan penyebaran informasi yang baik bagi masyarakat,” bebernya.

Terlepas dari itu, Syaifullah berharap, ORARI Lokal Balangan dapat terus  berperan aktif dan menjadi yang terbaik serta dapat bersinergi dengan semua pihak untuk bersama-sama membangun Kabupaten Balangan.

Selain itu, dirinya juga berharap, ORARI agar dapat mengaktifkan kembali penggunaan radio komunikasi semaksimal mungkin. “Penggunaan radio komunikasi ini banyak sekali keuntungannya, selain murah dan menghemat pulsa telepon, juga dapat menjangkau wilayah-wilayah terpencil yang tidak terjangkau sinyal handphone. Untuk itu, ORARI harus siap untuk memfasilitasi dan membantu, termasuk untuk masalah aturan izin amatir radio serta masuk menjadi anggota ORARI,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.