Cepat dalam Penyaluran Dana Desa, Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu Sambangi Balangan 

0

TIM Kantor Wilayah (Kanwil) Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu Provinsi Kalimantan Selatan melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) ke Kabupaten Balangan.

KUNJUNGAN ke Bumi Sanggam, tepatnya di Desa Dahai Kecamatan Paringin inI langsung dipimpi  Kasi Pembinaan Pelaksanaan Anggaran, Setyo Juri.

Menurut Setyo Juri, kunjungan pihaknya ini merupakan kegiatan monitoring dan evaluasi berkala terkait penggunaan dan pengelolaan Dana Desa yang bersumber dari APBN.

BACA : Hadirkan Pejabat Kemendesa, Setdakab Balangan Gelar Sosialisasi Pengadaan Barang dan Jasa

“Maksud kedatangan kami ke Kabupaten Balangan untuk melaksanakan monitoring dan evaluasi terkait dengan penggunaan dan pengelolaan Dana Desa Tahun Anggaran 2019,” bebernya.

Dipilihnya Balangan dijadikan lokasi Monev, kata Setyo, karena mempertimbangkan Kabupaten Balangan dalam proses penyaluran Dana Desa tahap I dan II TA 2019 adalah daerah paling cepat Se-Kalimantan Selatan.

Selain Monev, menurut Setyo, kedatangan pihaknya ke Balangan juga sekaligus ingin tahu kiat-kiat yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Balangan sehingga mampu cepat dalam proses penyaluran dan desa.

“Apa yang kita dapatkan disini, nantiny kami selaku tim monitoring dapat membagi kiat-kiat tersebut kepada Kabupaten lain yang terkendala atau terlambat dalam proses penyaluran Dana Desa dari RKUN ke RKUD,” bebernya.

BACA JUGA: Susun Tata Ruang, Kabupaten Balangan Gandeng Universitas Brawijaya

Terpisah Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa melalui Kabid Keuangan dan Aset Desa Andi Firmansyah menyampaikan, jika kunci dari cepatnya penyaluran Dana Desa 2019 adalah siapnya regulasi (Perbup) penyusunan APBDes 2019 diakhir tahun 2018 dan tersusunnya kompilasi laporan konsolidasi realisasi penyerapan dan capaian ouput Dana Desa TA 2018 di awal tahun 2019.

“Untuk itu kiat yang dilakukan adalah melakukan monev/rakor Siskeudes secara berkala setiap triwulan, memperkuat peran pembinaan serta menjalin koordinasi dan kerjasama dengan seluruh pihak terkait mulai dari BKD, Inspektorat, Bagian Hukum, Kecamatan dan Pemerintah Desa,” ungkapnya.

Monev Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu Provinsi Kalimantan Selatan ini selain berkunjung ke Desa Dahai juga berkunjung ke kantor Dinas PMD Kabupaten Balangan.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.