Empat Mitsubishi Pajero Sport Dakar Gres Manjakan DPRD Kalsel

0

DERETAN mobil gres baru menambah koleksi parkir lantai dasar Gedung B DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, Jalan Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Rabu (27/2/2019). Empat mobil segala medan jenis SUV Mitsubishi Pajero Sport Dakar itu telah dibeli lewat dana APBD Kalsel pos Sekretariat DPRD segede Rp 2,4 miliar.

MOBIL sport rilisan pabrikan Jepang itu bermesin diesel 4N15 Turbo Commonrail dengan kapasitas 2.442 cc, DOHC MIVEC, bertenaga 181 horsepower (hp) @3500 rpm dan torsi 403 Nm@2500 rpm, rencananya akan dipakai empat komisi di DPRD Kalsel. Masing-masing satu komisi dijatah satu mobil seharga Rp 600 juta per unit itu.

Kepala Bagian Tata Usaha Sekretariat DPRD Kalsel, Riduansyah mengatakan empat mobil akan digunakan anggota dewan untuk kunjungan kerja dalam daerah.

BACA : Anggota DPRD Kalsel Mantapkan Rencana Kunjungan Keluar Negeri

“Jadi, masing-masing satu komisi dapat jatah satu mobil Mitsubishi Pajero Sport Dakar untuk komisi I, II, III dan IV DPRD Kalsel,” ucap Riduansyah kepada awak media, Rabu (27/2/2019).

Dia menjelaskan pembelian empat mobil sport itu berasal dari DPA Sekretariat DPRD Kalsel dalam APBD 2019 seharga Rp 2,4 miliar. Alasan pembelian mobil baru itu diakui Riduansyah untuk kemudahan transportasi anggota dewan saat berkunjung ke daerah dengan medan yang ekstrem di Kalsel.

“Terutama untuk kunjungan kerja ke daerah pertambangan dan perkebunan. Termasuk, pelosok desa yang berada di wilayah pegunungan di Kalsel,” ucap Riduansyah.

BACA JUGA :  Rencana Lawatan DPRD Kalsel Keluar Negeri Dinilai Hamburkan Uang  

Ia mengakui empat mobil Mitsubishi Pajera Sport Dakar itu menambahkan fasilitas mobil dinas yang ada, seperti minibus Toyota Hiace serta dua unit bus jumbo Mercedes Benz. “Jadi, moda transportasi yang ada masih kurang untuk keperluan anggota dewan. Selain itu, pengadaan mobil baru itu sudah mendapat izin dari ketua komisi masing-masng,” katanya.

Riduansyah menyebut mobil bermesin diesel itu akan memuat tujuh penumpang plus sopir, sehingga ruangnya lebih lega bagi anggota dewan.

BACA LAGI : Di Gedung Baru DPRD Kalsel, Aula Rapat Diberi Nama Ismail Abdullah

Sementara itu, anggota Komisi III DPRD Kalsel Surinto mengatakan empat mobil baru tidak diperuntukkan bagi anggota dewan yang ada periode 2014-2019. “Anggota dewan yang baru hasil Pemilu 2019 paling banyak menikmatinya nanti. Siapa pun nanti yang terpilih,” ucapnya.

Legislator PKS ini mengatakan pembelian mobil sport itu untuk keperluan kunjungan ke luar daerah dengan medan jalan yang berat. “Pengalaman kami di lapangan, saat berkunjung ke daerah untuk menunjang fungsi pengawasan terkendala mobil yang tak tahan dengan medan berat,” imbuh Surinto.(jejakrekam)

 

Penulis Ipik Gandamana
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.