Membanggakan, 4 Guru dan 5 Siswa Balangan Ukir Prestasi Nasional

0

NAMA Kabupaten Balangan kembali bersinar di pentas nasional. Dalam berbagai even yang berskala nasional, tercatat empat guru dan lima siswa asal Bumi Sanggam ini menyabet prestasi membanggakan.

SEBUT saja, Aditya yang tercatat siswa SDIT Paringin terpilih menjadi juara III lomba bercerita tingkat nasional. Lalu, dalam Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat Nasional 2016 dan 2017, siswa SMPN 4 Paringin berkiprah di level nasional. Begitupula, siswa SMPN 2 Awayan mengikuti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2017, kemudian wakil dari SMPN 1 Lampihong juga tercatat mengikuti Olimpiade Sain Nasional 2017.

Tak hanya para siswa, guru-guru di Kabupaten Balangan juga mengharumkan nama daerah di panggung nasional. Mereka adalah Ahmadiyanto, guru SMPN 1 Lampihong menyabet juara guru SMP berpretasi tingkat nasional pada 2017. Hingga, Ahmadiyanto berhak mewakili Indonesia mengikuti pendidikan kursus pendek (short course) di Jepang.

Lalu, Febtika Reysne, guru SMPN 4 Paringin meraih titel juara inovasi pembelajaran tingkat nasional tahun 2016, hingga diapresiasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk belajar ke Belanda. Prestasi serupa juga ditoreh Izzudin Syarif, guru SMKN 1 Paringin keluar sebagai juara inovasi pembelajaran guru SMK tingkat nasional tahun 2016.

“Ini membuktikan bahwa para siswa dan guru di Kabupaten Balangan bisa berbicara di pentas nasuonal.  Memang, prestasi semacam ini menjadi kebanggaan daerah, mengingat dalam beberapa tahun sebelumnya nama kabupaten ini tidak dikenal di nasional. Sekarang, Kabupaten Balangan sudah mampu unjuk diri dalam kualitas pendidikannya,” ucap Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan, Sulaiman Kurdi kepada jejakrekam.com, Minggu (29/4/2018).

Sebagai kabupaten termuda di Kalimantan Selatan, Sulaiman Kurdi mengatakan nama Balangan turut diperhitungkan baik skala regional maupun nasional.  “Prestasi yang diraih para siswa dan guru membuktikan Balangan tak boleh dipandang sebelah mata,” ucap mantan pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel ini.

Menurut dia, tak hanya gelaran kompetisi bertaraf nasional yang diikuti duta Kabupaten Balangan, ada beberapa lomba juga diikuti dan meraih prestasi membanggakan. “Apalagi, mereka secara bertingkat mengikuti lomba dari tingkat kabupaten, provinsi hingga bisa menembus level nasional,” kata Sulaiman Kurdi.

Dia juga menyebut Ahmad Addib Rynanda, siswa kelas V SDIT Darul Fikri Balangan juga berhasil gelar juara III Lomba Mendongeng Sekolah Dasar Tingkat Nasional yang dihelat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KemLHK) Ri.

“Dalam lomba bertajuk International Day of Forests 2018 – Forests and Sustainable Cities itu, Ahmad Addib Rynanda bersaing ketat dengan 72 peserta dari sekolah dasar di seluruh Indonesia. Lomba ini diselenggarakan pemerintah pusat dalam memperingati Hari Hutan Sedunia 2018 di kawasan Menteng, Jakarta,” papar Suliman Kurdi.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.