Sudah Ada 13 Bakal Calon Anggota DPD RI yang Mendaftar di KPUD Kalsel

0

HINGGA berita ini ditulis, tercatat sejak dibukanya pendaftaran penyerahan syarat dukungan bagi bakal calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, sudah 13 bakal calon mendaftar di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kalsel.

BEBERAPA bakal calon yang sudah menyerahkan syarat dukungan KTP elektronik, misalnya Syaifullah Tamliha, Gusti Farid Hasan Aman, Habib Hamid Abdullah, Habib Abdurrahman Bahasyim, H Samsani, M Aunul Hadi, Antung Fatmawati, Habib Hamzah Assegaf, Hasanuddin Murad, Soegeng Soesanto, Adhariani, M Ihsanudin, dan Habib Ahmad Baharun.

Ketua KPUD Kalsel Samahuddin Muharram mengungkapkan, sebelum 22 April hingga 26 April 2018 bakal calon harus menyerahkan atau menginput data penyerahan secara dukungan di Sistem Informasi Perseorangan Peserta Pemilu (SIPPP).

“Nah, sampai hari ini di SIPPP kita itu memang di input di KPU RI di kisaran 28 bakal calon yang memasukkan data yang masuk di SIPPP,” ujarnya.

Menurut Samahuddin, dukungan yang diserahkan oleh bakal calon DPD dalam bentuk hardcopy yang terima oleh KPUD Kalsel dianggapnya terpenuhi.

“Syarat minimalnya memenuhi, kemudian sebarannya itu 50 persen kabupaten/kota juga terpenuhi, sehingga kita memberikan tanda terima,” katanya.

Setelah diberikan tanda terima itu maka, lanjutnya, pada 27 april sampai 10 mei akan dilakukan verifikasi penelitian administrasi kemudian verifikasi faktual.

“Nanti setelah kita lakukan dan masih ada dukungan-dukungan yang kemudian tidak memenuhi syarat seperti kegandaan eksternal, walaupun diaplikasi kita terdeteksi dinotifikasi itu. Jadi kita tidak bisa memberikan garansi bahwa itu tidak ada kegandaan dan lain sebagainya. Setelah itu, baru akan kita lakukan verifikasi administrasi dan kemudian faktual,” tuturnya.

Samahuddin mengungkapkan akan melakukan verifikasi faktual, apabila ada kekurangan dari syarat minimal, maka pihaknya meminta kepada yang bersangkutan untuk memenuhi kekurangan-kekurangan itu.

Dirinya membeberkan, pada Rabu (25/4/2018), merupakan hari terakhir menginput data secara dukungan di SIPPP KPU RI. Sedangkan untuk hardcopynya pada 26 April 2018 pukul 24.00 Wita.(jejakrekam)

Penulis Arpawi
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.