Menjaring Atlet Berprestasi,  PTSI Kalteng Gelar Kejuaraan

0

SEBANYAK  27 tim yang terdiri dari 9 tim putri dan 18 tim putra dari Kabupaten Barito Utara, Murung Raya, Lamandau, Kotawaringin Timur, Katingan dan Kota Palangkaraya, mengikuti Kejuaraan Sepak Takraw antar pelajar, di GOR Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Jalan RTA Milono Palangkaraya, dari 11-13 Agustus 2017.

Even tahunan ini digelar oleh Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Takraw Seluruh Indonesia (PTSI) Kalimantan Tengah dengan menggandeng Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalteng dengan tujuan  menjaring atlet berprestasi dan ajang regenerasi.

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga bertujuan menyeleksi atlet takraw putri yang nantinya akan mewakili Kalteng dalam ajang Popnas  yang akan diselenggarakan pada 12-20 September 2017, di Semarang, Jawa Tengah.

Sekertaris Umum Pengprov PTSI Kalteng, Nazaruddin, mengakui, khusus untuk atlet takraw putri, yang saat ini ditempa di PPLP,  tidak semua dinilai siap untuk mengikuti even Popnas. Hanya dua dari enam atlet saja yang dinilai mampu bersaing.

“Saat kejuaraan nasional PPLP di Makasar, ternyata hanya dua atlet yang layak untuk dibawa ke Popnas di nomor dobel even. Sedangkan empat atlet lainnya  masih jauh kualitasnya untuk tampil di Popnas,”kata Nazaruddin, usai pembukaan, di Palangkaraya, (11/8).

Ketua Umum PTSI Kalteng, Sipet Hermanto, mengatakan, memang salah satu kendala yang dihadapi saat ini oleh Pengprov PTSI dalam melakukan pembinaan prestasi, lantaran masih belum maksimalnya dukungan dari masing-masing kabupaten.

Kendati telah dilakukan strategi dalam melakukan pembinaan prestasi, selain  bekerjasama dengan Dispora, juga membagi regional pembinaan yakni utara, tengah, barat dan timur.

“Ini adalah upaya Pengprov untuk  melakukan pembinaan dan regenerasi atlet sepak takraw ke depan. Karena cikal bakal pemain yang berprestasi dari pelajar, akan dilakukan pembinaan secara berjenjang,” ucapnya.(jejakrekam)

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalteng, Suyanto, berharap
dengan even itu, akan menjaring atlet  pelajar khususnya menghadapi Popnas di Semarang. Pasalnya Dispora menargetkan, pada tahun ini, Kalteng dapat meraih medali emas.(jejakrekam)

Penulis : Tiva Rianthy
Editor   : Fahriza
Foto     : Tiva Rianthy

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.