Angka Lakalantas di Kalsel Mampu Ditekan 50 Persen

0

DI HADAPAN Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla dalam video teleconference di acara launching Safety for Humanity di Menara Pandang, kawasan Siring Sungai Martapura, Jalan Piere Tendean, Kapolda Kalimantan Selatan, Brigjen Pol Rachmat Mulyana mengklaim telah mampu menekan angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas) dalam tiga tahun terakhir bisa ditekan hingga 50 persen.

PERNYATAAN Kapolda Kalsel ini menjawab pertanyaan Wapres Jusuf Kalla dalam percakapan dengan video jarak jauh ini dengan layar raksasa yang dipasang di kawasan Menara Pandang tersebut.

“Kita patut berbangga karena selama tiga tahun ini, khususnya pada arus mudik dan balik, ternyata angka kecelakaan lalu lintas bisa diteken lebih dari 50 persen. Lewat momen ini, sangat tepat untuk mencanangkan keselamatan bagi manusia dengan meningkatnya kesadaran berlalu lintas yang semakin membaik di tengah masyarakat Kalsel,” ujar Rachmat Mulyana, dalam acara yang juga dihadiri seluruh kapolres se-Kalsel, dan beberapa bupati seperti Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani, Bupati Batola Hasanuddin Murad, Bupati HSU Abdul Wahid, serta sejumlah perwakilan dari 13 kabupaten dan kota, Minggu (30/7/2017).

Menurutnya, dengan launching Safety for Humanity atau mengutamakan keselamatan manusia sudah saatnya digalakkan stop pelanggaran dan stop kecelakaan di wilayah hukum Polda Kalsel. “Kami terus berkomitmen agar angka kecelakaan lalu lintas bisa terus ditekan dan terus membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya tertib dan taat dalam berlalu lintas di jalan raya. Ini semua merupakan tanggungjawab kita semua,” ucap mantan Kabid  Humas Polda Jawa Timur ini.

Begitupula ketika menjawab pertanyaan Wapres Jusuf Kalla soal kecelakaan lalu lintas tak hanya di jalan, namun juga di sungai dan laut, Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana menegaskan dalam penanganan kecelakaan lalu lintas selalu berkoordinasi dengan instansi terkait seperti dinas perhubungan, PT Jasa Raharja dan stakeholder lainnya, khususnya dalam penanggulangannya.

Sebagai bukti komitmen kuat dari jajaran Polda Kalsel dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas, para bupati dan walikota se-Kalimantan Selatan mendapat penghargaan atas perannya dalam menciptakan tertib lalu lintas di daerah. Dalam kesempatan itu, jenderal bintang satu ini dan didampingi pejabat dari PT (Persero) Jasa Raharja memberikan santunan kepada  para ahli waris korban kecelakaan lalu lintas.(jejakrekam)

Penulis : Asyikin

Editor   : Didi G Sanusi

Foto     : Asyikin

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.