Memeriahkan Hari Anak dengan Gebyar PAUD

0

SUASANA peringatan Hari Anak Nasional 2017 di kawasan Siring Menara Pandang Banjarmasin begitu merah. Maklum saja, ibukota Provinsi Kalimantan Selatan baru saja menyabet gelar sebagai kota layak anak kategori pratama, sehingga tak mengherankan jika peringatan itu pun bak sebuah pesta syukuran.

WALIKOTA Ibnu Sina mengungkapkan sebagai bukti keseriusan untuk meraih gelar kota layak anak, sejak 2013 lalu sudah diwujudkan dengan penghapusan iklan rokok baik lewat baliho, billboard, banner dan lainnya. “Ini merupakan sebuah pengorban bagi Banjarmasin untuk meraih predikat kota layak anak. Ini menjadi hasilnya, anak bisa tumbuh cerdas dari lingkungan yang baik,” tutur Ibnu Sina, saat Gebyar PAUD yang dirangkai dengan peresmian PAUD Pembina, Rabu (26/7/2017).

Khususnya untuk pendidikan usia dini, Walikota Banjarmasin ini menekankan pentingnya penyelenggaraan pendidikan non formal, yang menitik beratkan pada peletakan dasar pertumbuhan, perkembangan fisik, kecerdasan, serta sosio emosional, sesuai tahap perkembangan yang dilalui oleh anak-anak.  “Jadi, PAUD memegang peranan penting dalam dunia pendidikan, mengingat anak anak dapat dididik secara langsung oleh para guru dengan metode kurikulum yang jelas,” ucapnya.

Dengan begitu, beber Ibnu Sina, para siswa PAUD bisa bermain dan meyalurkan energinya melalui berbagai kegiatan fisik, musik, atau keterampilan tangan, berlajar berinteraksi secara interpersonal dan intrapersonal kepada mereka secara bertahap dapat dikenalkan huruf atau membaca. “Jadi, pengenalan itu tidaklah berlebihan karena penyampaiannya disesuaikan dengan dunia anak yakni dunia bermain sehingga proses belajarnya menyenangkan,” mantan anggota DPRD Kalsel ini.

Dalam peresmian PAUD Pembina di Jalan Belitung Darat ini, Walikota Ibnu Sina dan Wakil Walikota Hermansyah juga ditemani Ketua Tim Penggerak PKK Banjarmasin, Hj Siti Wasilah, dan Wakill Ketua I dan II TP PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Fatimah dan Hj Aneta Olpah itu. Gebyar PAUD ini juga dimeriahkan dengan lomba mewarna tingkat TK, lomba Adzan, lomba membaca surat Al Fatihah, Parade Sasirangan dengan berbagai hadiah.(jejakrekam)

Penulis : Ahmad Husaini

Editor   : Didi G Sanusi

Foto     : Humpro Banjarmasin

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.