Puskesmas Sungai Bilu Ambruk, Walikota Minta Maaf

0

SUDAH diperingatkan dua bulan yang lalu oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin kondisi Puskesmas Sungai Bilu di Jalan Veteran Simpang SMP 7 RT 29, Kelurahan Sungai Bilu, Kecamatan Banjarmasin Timur, sudah tak layak lagi. Akhirnya, pada Jumat (14/7/2017), fasilitas kesehatan itu sebagian lantainya runtuh.

UNTUNGNYA tak ada korban jiwa saat insiden runtuhnya lantai berkeramik itu, karena saat itu tak warga atau pasien yang datang. Puskesmas Sungai Bilu yang berstruktur kayu itu diduga tak tahan menampung beban bangunan yang ada.

“Bangunan ini memang sudah berdiri sejak 2005 lalu. Jadi, kalau diukur dari umur teknis hanya mampu bertahan 10 tahun. Apalagi pondasinya hanya kayu ulin sehingga tak mampu menahan beban bangunan, berbeda jika berstruktur beton,” ucap Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Gusti Ridwan Sofyani bersama Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Lukman ke lokasi runtuhnya lantai Puskesmas Sungai Bilu kepada wartawan, Jumat (14/7/2017).

Dengan lahan yang cukup luas, Gusti Ridwan menilai bangunan yang akan direncanakan dirombak total diganti dengan struktur permanen dan bertingkat , sehingga akses pelayanan kesehatan jauh lebih terjamin keamanan bagi para penghuni dan pengunjung. “Ya, kami sudah merekomendasikan dua bulan yang lalu agar bangunan ini dikosongkan. Langkah antisipasi sudah dilakukan seperti mengosong beberapa perabot yang ada, dan pindah ke lokasi yang lain,” ucapnya.

Sedangkan, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Lukman memastikan untuk pelayanan kesehatan di Puskemas Sungai Bilu tetap berjalan seperti sediakala, pasca runtuhnya sebagian lantai bangunan itu. “Kami sementara mengontrak rumah untuk keperluan pelayanan kesehatan. Jadi, warga tak perlu khawatir karena pelayanan kesehatan tetap berlangsung di tempat yang baru,” kata Lukman.

Sementara itu, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mengaku saat curi bersama lebaran, petugas masih melayani pasien. Ketika meninjau lokasi Puskesmas  Sungai Bilu, dan berdasar laporan dari Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin DR dr Hj Anis Suroyo MPH, kondisi bangunan memang makin parah. “Makanya, saya minta agar segera pindah ke tempat sementara. Di kawasan dekat Puskemas Sungai Bilu itu ada rumah dokter yang bisa digunakan sementara waktu karena tidak terpakai. Jika tidak, ya sewa rumah warga. Alhamdulillah, sekarang sudah dapat rumah sewa di Jalan Veteran persis depan Puskesmas Sungai Bilu,” ucap Ibnu Sina.

Ibnu Sina menceritakan pada pukul 11.00 siang, saat memindah lemari terdengar bunyi dari bagian lantai, hingga akhirnya ambruk ke bawah. “Insya Allah, pada 2018 mendatang, Puskesmas Sungai Bilu ini akan dibangun baru. Kami mohon maaf atas kejadian tersebut, semoga pelayanan kesehatan tetap bisa berjalan dengan baik,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis : Asyikin

Editor   : Didi G Sanusi

Foto     : Asyikin

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.