Tapin, Tanbu dan Kotabaru Minim Pelamar Panwaslu

0

SELEKSI pembentukan panitia pengawas pemilu (panwaslu) di 13 kabupaten dan kota se-Kalimantan Selatan terus bergerak. Proses pendaftaran bagi calon komisioner lembaga pengawas yang dibuka sejak 12 Juni 2017, dipastikan akan berakhir pada 24 Juni 2017 mendatang.

UNTUK zona I yang dibagi untuk lima daerah yakni Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Balangan, Hulu Sungai Utara (HSU), Tapin, Hulu Sungai Tengah (HST) dan Tabalong. Sedangkan, zona II untuk penerimaan calon komisioner yang bertugas di Kabupaten Banjar, Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Barito Kuala (Batola), Tanah Bumbu (Tanbu) Kotabaru dan Tanah Laut (Tala).

Data sementara yang dihimpun jejakrekam.com pada Selasa (20/6/2017), ternyata para pelamar Panwaslu Banjarmasin yang masih mendominasi mencapai 16  berkas. Disusul, Kabupaten Banjar ada 8 berkas yang masuk, dan HST dan Tabalong ada 6 berkas pelamar.  Sedangkan, Batola dan Banjarbaru terdapat 5 berkas, Tala dan HSU ada 4 pelamar, HSS tercatat ada 3 pelamar, dan Balangan hanya ada dua berkas. Yang paling minim pelamar hanya  Tapin, Tanah Bumbu dan Kotabaru hanya ada satu pelamar.

Sekretaris Tim Seleksi Panwaslu Zona I, DR Ani Cahyadi Maseri mengakui proses penerimaan berkas masing berlangsung hingga nanti ditutup pada Jumat (24/6/2017). “Masih berproses, mungkin nanti berkas pelamar akan bertambah lagi. Selanjutnya, kami akan melakukan seleksi untuk direkomendasikan ke Bawaslu Kalsel,” ujar Ani Cahyadi Maseri kepada jejakrekam.com, Kamis (22/6/2017).

Ani mengungkapkan proses seleksi sama seperti yang berlaku pada lembaga penyelenggara pemilu seperti tes tertulis, wawancara dan seleksi lainnya. “Untuk data terupdate yang baru, masih dipegang pihak sekretariatan. Saya belum tahu persis,” ucap dosen UIN Antasari Banjarmasin ini.

Sementara itu, komisioner Bawaslu Kalsel Azhar Ridhanie mengakui proses seleksi jajaran Panwaslu se-Kalimantan Selatan juga untuk menyambut even Pilkada 2018 yang berlangsung di empat kabupaten yakni Tanah Laut, Tapin, Hulu Sungai Selatan dan Tabalong. “Sedangkan, jajaran panwaslu di daerah lainnya disiapkan untuk menyambut tahapan Pemilu 2019,” kata Aldo, sapaan akrabnya.

Ia menerangkan ada tiga anggota panwaslu di masing-masing daerah yang akan direkrut. Aldo menyebut  usai perekrutan panwaslu, maka akan dilanjutkan perekrutan Bawaslu Kalimantan Selatan dikarenakan masa jabatan berakhir pada 21 September 2017. “Berdasar regulasi yang ada, untuk komposisi Bawaslu Kalsel akan ditempati lima orang, bukan lagi tiga orang seperti sekarang,” ucap mantan Ketua HMI Kalsel ini.

Apakah Anda akan mencalonkan kembali? Aldo memastikan hal itu. Menurutnya, tak ada larangan bagi calon petahana untuk kembali mengikuti seleksi calon komisioner. “Kemungkinan pada Agustus nanti akan berlangsung seleksi calon komisioner Bawaslu Kalsel,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis : Didi G Sanusi

Editor   : Didi G Sanusi

Foto     : Hallopilkada.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.