600 Meter Jalan Desa Semangat Karya Diperbaiki

0

SELAMA ini, ruas jalan menjadi pilihan bagi warga Desa Semangat Karya, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala (Batola) untuk dibenahi melalui dana desa. Sarana infrastruktur ini sangat penting untuk memperlancar aktivitas warga, khususnya peningkatan taraf perekonomian.

KEPALA Desa Semangat Karya, Nor Ifansyah, ruas jalan desa yang dibenahi itu sepanjang 600 meter dari total 1.050 meter yang direncanakan. “Untuk tahun 2017 ini, kami usahakan peningkatan ruas jalan sepanjang 600 meter. Sisanya, kami kerjakan bertahap hingga rampung 1.050 meter,” kata Nor Ifansyah kepada jejakrekam.com, Minggu (4/6/2017).

Menurutnya, peningkatan ruas jalan desa tersebut berupa pekerjaan penyiringan dengan cor batu gunung di sisi kanan dan kiri badan jalan setinggi 40 centimeter dengan jarak antar siring 4 meter. Nor Ifansyah menjelaskan sesuai aturan penggunaan dana desa, anggaran di atas Rp 200 juta lebih, harus melalui lelang. Untuk penyediaan bahan dasar dan utama siring, seperti batu gunung, pasir dan semen diserahkan ke pihak pemasok (supplier). Sedangkan pengerjaan di lapangan dilakukan warga.

“Penyerahan kepada supplier untuk menyediakan bahan yang digunakan untuk pekerjaan siring itu, untuk menghindari  kesalahan dalam penggunaan anggaran,” ujar Nor Ifansyah.Ia mengatakan banyak prioritas perbaikan infrastruktur yang perlu diperbaiki. Namun di karenakan keterbatasan anggaran, pihaknya melalui dana desa 2017, menyepakati mendahulukan perbaikan jalan.

Ada beberapa sektor yang juga perlu mendapatkan perhatian khusus, seperti sektor pendidikan dan kesehatan. Saat ini, Desa Semangat Karya, belum memiliki gedung atau ruangan untuk PAUD, termasuk pula puskesmas pembantu. “Sektor pendidikan dan kesehatan menjadi prioritas kami selanjutnya. Mudah-mudahan ke depan semua bisa direalisasikan sesuai harapan warga,” kata Nor Ifansyah.(jejakrekam)

Penulis : Muji Setiawan

Editor   : Didi G Sanusi

Foto      : Muji Setiawan

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.