BPJS Kesehatan Jemput Bola Sampai ke Desa

0

MASIH rendahnya angka kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Kabupaten Balangan, memotivasi Kantor Layanan Operasional (KLO) BPJS Kesehatan Kabupaten Balangan untuk menerapkan sistem jemput bola.

MEREKA terjun ke desa-desa untuk menggalakkan sosialisasi progam JKN-KIS kepada masyarakat agar bergabung dalam program nasional andalan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla tersebut.

Kepala KLO BPJS Kesehatan Kabupaten Balangan Yuliarsih Sahar mengungapkan hingga kini jumlah keanggotaan JKN-KIS Balangan baru 47.461 orang dari jumlah penduduk sekitar 122 ribu jiwa. “Yang sudah dapat kartu JKN-KIS baru 38,77% jadi masih lebih dari separuh warga Balangan belum mendapat akses program JKN-KIS,” ujar Yuliarni kepada jejakrekam.com di Paringin, Senin (29/5/2017).

Untuk meningkatkan jumlah kepesertaan, Yuliarni mengatakan pihaknya terus mengalakkan sosialisasi terkait JKN-KIS ini hingga ke desa-desa. Tak hanya itu, Yuliarni mengatakan pihaknya juga menjalin kerjasama dengan Pemkab Balangan dan pihak terkait lainnya.

“Khusus dengan Pemkab Balangan, kami mengupayakan kerjasama integrasi program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) dengan Program JKN-KIS demi tercapainya Universal Health Coverage (UHC) 2019. Pada 2019, kami targetkan seluruh masyatakat yang ada di wilayah BPJS Kesehatan Balangan sudah ikut dalam program JKN-KIS,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis  : Sugianoor

Editor    : Didi G Sanusi

Foto      : Sugianoor

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.