Menumpuknya Perkara Menanti Ketua PN Banjarmasin yang Baru

0

TINGGINYA perkara yang ditangani majelis hakim di Pengadilan Negeri Kelas IA Banjarmasin menjadi tantangan ke depan bagi Heri Sutanto. Ketua PN Banjarmasin yang baru ini dilantik dan angkat sumpah jabatan dibimbing Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin, Yohanes Ether Binti di Aula PN Banjarmasin, Jalan DI Panjaitan, Selasa (18/4/2017).

HERI Sutanto sebelumnya bertugas di Pengadilan Negeri Manado ini menggantikan Edison Muhammad yang harus menempati posisi baru.  Prosesi pelantikan pun dihadiri para pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Banjarmasin, para hakim, jaksa dan pengacara atau advokat.

Beban kerja yang harus ditanggung Ketua PN Banjarmasin yang baru adalah menuntaskan segera perkara yang menunggu kepastian hukum bagi publik.Terlebih lagi, PN Banjarmasin ini membawahi dua pengadilan lainnya seperti Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) di Jalan Pramuka Banjarmasin, serta Pengadilan Hubungan Industrial (PHI).

“Dengan padatnya jadwal persidangan, tentu Ketua PN Banjarmasin yang baru harus mampu menunjukkan kinerja pengadilan yang lebih baik lagi. Sebab, harapan masyarakat terhadap sebuah keadilan tertumpu pada pengadilan tingkat pertama ini,” ujar Indriwati, seorang pengacara muda yang beracara di PN Banjarmasin kepada jejakrekam.com, Selasa (18/4/2017).

Iin, begitu ia biasa disapa, mengatakan saat ini proses persidangan cukup berlangsung lama, sehingga dengan komposisi para hakim yang baru bisa segera dituntaskan. “Banyak perkara yang mendapat perhatian publik harus seger diputus secara adil dan bijaksana,” ujar Iin.(jejarkekam)

Penulis   : Sirajuddin

Editor     : Didi G Sanusi

Foto        : Sirajuddin

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.