Husairi Abdi

Jalan Balangan Dijaga, Bupati Perintahkan Armada Semen Conch Dilarang Melintas

0

KEGERAMAN Bupati Balangan H Ansharuddin sepertinya sudah berada di ubun-ubun. Ia sudah tak tahan lagi dengan kerusakan jalan negara yang menghubungkan tiga kabupaten Hulu Sungai Tengah, Balangan dan Tabalong, sudah rusak parah akibat aktivitas armada angkutan semen PT Conch South Kalimantan Cement yang melebihi tonase.

PADA Jumat (24/3/2017), saat hendak berangkat ke Kantor Pemkab Balangan di Paringin, melintas di ruas jalan nasional di depan SMK Negeri Paringin, Bupati Ansharuddin langsung bertindak. Ia pun memerintah agar jajaran Dinas Perhubungan Kabupaten Balangan segera melakukan penjagaan terhadap angkutan semen Conch bertonase rata-rata 80 ton itu, agar tak lagi wara-wiri di ruas jalan itu.

“Saya perintahkan kepada Dinas Perhubungan, Satpol PP dan kepolisian untuk melakukan penjagaan atas angkutan semen PT Conch. Kalau tidak melakukan perbaikan atas jalan yang rusak ini, mereka tidak boleh melewati  jalan ini,” tegas Ansharuddin kepada wartawan.

Ia mengakui memang status jalan tersebut milik pemerintah pusat, namun jika terus dibiarkan dengan trailer besar dan melebihi tonase yang diperbolehkan mengaspal, kerusakan akan semakin parah. “Kami pemerintah daerah tidak punya kewenangan untuk melakukan perbaikan. Kami hanya bisa mengajukan usulan ataupun pemberitahuan akan kondisi jalan nasional,” katanya.

Sebelum diperbaiki oleh pemerintah pusat, Ansharuddin meminta kepada para pemilik angkutan semen Conch yang menjadi sub kontraktor PT Conch South Kalimantan Cement itu segera memperbaiki jalan yang rusak. Hal ini terlihat dengan terkelupasnya aspal, serta membuat kubangan yang membahayakan para pengguna jalan.

“Saya baca di media massa, justru warga masyarakat yang melakukan perbaikan jalan yang rusak dengan secara swadaya. Sekali lagi, saya tegaskan kalau PT Conch ataupun pemilik armada angkutan semen tidak melakukan perbaikan terhadap jalan yang rusak ini, mereka tidak boleh melintasi jalan ini,” cetus Ketua DPD Partai Golkar Balangan ini.

Ia memastikan akan berdiri di garda terdepan untuk memimpin penjagaan terhadap aktivitas angkutan semen Conch. “Senin (27/3/2017), saya yang akan turun langsung memimpin penjagaan,” kata Ansharuddin.(jejakrekam)

Penulis  : Sugianoor

Editor    : Didi G Sanusi

Foto      : Sugianoor

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.