ACT

Wujudkan Kesehatan Masyarakat Menjadi Lebih Baik Melalui Germas

0 47

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Balangan melalui Dinas Kesehatan Balangan menggelar pertemuan Forum Koordinasi Pelaksanaan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), bertempat di Aula Benteng Tundakan Setdakab Balangan.

MEWAKILI Bupati Balangan, Asisten I Husaini mengatakan, Germas menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik dan gerakan ini perlu digaungkan di tingkat provinsi.

“Sebagai acuan bagi semua pimpinan daerah, pimpinan institusi pemerintah dan masyarakat, perguruan tinggi dan dunia usaha untuk mengawali dan melaksanakan kegiatan Germas di lingkup tanggung jawabnya masing-masing,” ucapnya.

BACA: Pemkab Balangan Daftarkan Pegawainya Di BPJS Ketenagakerjaan

Menurut dia, pentingnya Forum Komunikasi Germas ini diharapkan dapat membantu bupati dalam melaksanakan amanat pada Instruksi Presiden Nomor 1 tahun 2017, yang merupakan bagian sangat krusial.

Pertama, menyusun dan menetapkan kebijakan daerah yang diperlukan untuk pelaksanaan Germas di wilayahnya, kedua, melakukan fasilitasi, koordinasi, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan Germas di kabupaten/kota di wilayahnya, ketiga, melaporkan pelaksanaan Germas kepada Menteri Dalam Negeri,” katanya, saat memberikan arahan.

Ditegaskan dia, optimalisasi pokja Germas harus dilakukan dengan komitmen yang kuat, tidak hanya sekedar melakukan pembentukan, tanpa kejelasan tugas dan fungsi. “Pada penyelenggaraan Forum Koordinasi Pelaksanaan Germas ini, mari kita bersama-sama menyatukan persepsi dalam suatu mekanisme kerja pokja Germas,” tegasnya.

BACA JUGA: Jemput Bola, Dukcapil Balangan Lakukan Perekaman E-KTP Bagi Pelajar SLTA

Sedangkan, Kepala Dinkes Balangan, Erwan mengatakan, Germas bertujuan untuk advokasi kepada pengambil kebijakan di Kabupaten Balangan dalam mendukung pelaksanaan Germas, sosialisasi kepada seluruh SKPD terkait tentang Germas di Bumi Sanggam dan terbentuknya Forum Koordinasi Germas Kabupaten Balangan.

Secara umum, lanjut dia, Germas bertujuan untuk menurunkan beban penyakit menular dan tidak menular, baik kesakitan, kecacatan maupun kematian. dan  untuk menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit. “Germas ini salah satunya untuk menghindari terjadinya penurunan produktivitas penduduk, dan menghindari terjadinya peningkatan beban finansial penduduk untuk pengeluaran kesehatan,’’ imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.