ACT

Intip Pemain Berbakat, Barito Putera Pantau Paman Birin Cup 2019

0 77

SEBANYAK 26 tim bakal berlaga di Festival Sepakbola Masyarakat Paman Birin Cup 2019 di Stadion 17 Mei, Banjarmasin. Even ini dihelat empat hari sejak 7-10 November 2019 tengah diintip tim pencari bakat klub sepakbola Barito Putera.

TIM kebanggaan Banua yang didirikan pengusaha ternama Kalsel dan Kalteng, almarhum H Abdussamad Sulaiman HB akan menyeleksi pemain pemain muda berbakat asal Kalimantan Selatan.

Dalam pertemuan teknis di Aula Sahbirin Noor, Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalsel, Jalan Pramuka, Banjarmasin, Rabu (6/11/2019),  wakil dari 26 tim peserta sudah mengikuti pengundian atau drawing serta penetapan kostum masing-masing tim. Mereka merupakan para pemenang dari event serupa di tingkat 13 kabupaten dan kota di Kalsel.

BACA : Sosok Kosuke Uchida Di Kebangkitan Barito Putera

“Kejuaraan ini terbagi menjadi dua kategori usia, yakni kelompok pelajar usia 13 sampai 15 tahun, kemudian kelompok umum usia 17 hingga 25 tahun. Bagi tim yang kedapatan tidak jujur terkait dengan usia ini, langsung akan didiskualifikasi,” ucap Ketua Panpel Yuyu Rachmad Mulyana.

Ia menjelaskan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dijadwalkan membuka event ini pada Kamis (07/11/2019) sekitar pukul 16.00 Wita.

Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel menambahkan, selepas membuka kejuaraan Paman Birin, panggilan akrab Gubernur Sahbirin Noor, menyempatkan ikut tampil dalam pertandingan ekshibisi bersama PS Barito Putera All Stars.

BACA JUGA : Cari Bibit Unggul, 10 Tim Tangguh Berlaga di Haji Leman Cup U-12

Mengenai keterlibatan manajemen PS Barito Putera pada event ini, Manager PS Barito Putera U20, Khalikin Noor, menerangkan hal ini sudah ditegaskan Manajer sekaligus pemilik PS Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman, pada berbagai kesempatan sebelumnya.

“Pak Hasnur ingin sebanyak mungkin menghasilkan pesepakbola berbakat asli Banua,” kata Khalikin yang baru saja sukses membawa timnya menjadi runner up Liga Elite Pro Academy U20 Tahun 2010.

Menurut Khalikin, tim pencari bakat atau talent scouting di bawah koordinasi Direktur Teknik PS Barito Putera, Mundari Karya, akan memonitor sekaligus menyeleksi pemain berbakat untuk memperkuat skuad Laskar Antasari Muda.

BACA LAGI : PSSI Kalsel Fokus Pembibitan Pesepakbola Usia Dini

“Sebelumnya,  kami memang rutin menggelar seleksi untuk menjaring pemain muda asli Banua. Dengan adanya kejuaraan ini, praktis tugas kami jadi lebih mudah, karena tim pesertanya adalah tim terbaik dari seluruh kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan,” papar Khalikin lagi.

Tak hanya diproyeksikan mengisi skuat PS Barito Putera junior, para pemain yang lolos seleksi nantinya dimungkinkan turun di ajang multievent Pekan Olahraga Nasional (PON). “Saat ini persentase pemain asli Banua di tim junior PS Barito Putera masih sekitar 40 hingga 60 persen. Musim depan targetnya bisa 100 persen,” pungkas Khalikin.(jejakrekam)

Penulis Balsyi
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.